Langkah Maju PLN 'Menghijaukan' Pembangkit Listrik

Dalam upaya untuk mengembangkan EBT sekaligus dekarbonisasi pembangkit listrik berbahan bakar fosil, PLN melakukan berbagai langkah strategis, salah satunya membatalkan sejumlah proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara.

Ibeth Nurbaiti

5 Jul 2023 - 19.55
A-
A+
Langkah Maju PLN 'Menghijaukan' Pembangkit Listrik

Foto udara kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Kementerian ESDM mencatat realisasi kapasitas terpasang dari sumber EBT telah mencapai 12,55 GW atau lebih dari target yang dipatok sepanjang 2022 di level 12,52 GW. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Bisnis, JAKARTA — Menggunakan lebih banyak pembangkit listrik berbahan bakar energi baru dan terbarukan (EBT) menjadi salah upaya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk menekan emisi karbon yang dihasilkan oleh pembangkit fosil.

Langkah yang dilakukan perusahaan listrik pelat merah itu juga sejalan dengan target pemerintah untuk menekan emisi karbon sebesar 1.500 juta ton karbondioksida (CO2) ekuivalen yang dihasilkan dari sektor energi hingga 2060.

Berkaca dari data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, total emisi dari sektor energi pada 2020 tercatat sebesar 587 juta ton co2 ekuivalen. Emisi tersebut dihasilkan oleh pembangkit fosil, kilang minyak, pengolahan batu bara dan emisi fugitif, kegiatan komersial, industri manufaktur, dan transportasi.

Baca juga: Menelusuri Celah Kebocoran Ekspor Bijih Nikel Indonesia ke China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.