Langkah Taktis Waskita Mundur dari Proyek Tol Getaci

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. harus melepaskan peluang investasi pada tol baru, lantaran perlu menyelesaikan kewajiban keuangannya terlebih dahulu. Langkah ini menjadikan ekspansi bisnis perseroan terhambat, tetapi itu lebih baik ketimbang risiko yang lebih buruk terjadi.

Emanuel Berkah Caesario

20 Jan 2023 - 13.26
A-
A+
Langkah Taktis Waskita Mundur dari Proyek Tol Getaci

Bisnis, JAKARTA — Ketatnya kondisi likuiditas menjadikan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. terpaksa mundur dari investasi proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). Keputusan tersebut menjadikan tender proyek itu harus diulang.

Langkah ini menjadikan Waskita melewatkan peluang investasi. Namun, dengan begitu, perseroan mengamankan diri dari risiko yang lebih besar. Apalagi, proses restrukturisasi utang emiten berkode saham WSKT ini saat ini sedang berlangsung.

Kemunduran WSKT yang menggenggam porsi saham sebesar 20 persen dalam konsorsium yang memenangkan proyek ini menjadikan konsorsium tersebut perlu berhitung utang rencana investasi pada proyek ini. Alhasil, konsorsium gagal memenuhi komitmen jaminan perolehan pendanaan (financial close).

Pembangunan Jalan Tol Getaci tersebut pun resmi tertunda, lantaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terpaksa melakukan tender ulang akibat terjadinya default tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.