Langkah Tertatih Multifinance Bangkitkan Kinerja

Kondisi pandemi dan laju pemulihan ekonomi yang masih terbatas menyebabkan kinerja emiten multifinance belum begitu cerah pada periode 9 bulan tahun ini. Kendati demikian, tanda-tanda pemulihan sudah terlihat.

Herdanang Ahmad Fauzan

4 Nov 2021 - 15.43
A-
A+
Langkah Tertatih Multifinance Bangkitkan Kinerja

Multifinance/Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Sebanyak tujuh dari 12 emiten sektor pembiayaan alias leasing yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah merilis kinerja keuangan terbarunya. Tekanan masih terasa seiring dengan adanya koreksi pendapatan yang dibukukan.

Tercatat baru PT Radana Bhaskara Finance Tbk. (HDFA) yang me­nunjukkan kenaikan penda­pat­an sepanjang 9 bulan awal 2021. Perusahaan ini juga berhasil membalikkan rugi menjadi laba secara year-on-year (YoY).

Sisa enam emiten lain kom­pak mengalami penurunan pendapatan total. Namun, bukan berarti keenam emiten ini bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kendati masih berkontraksi secara pendapatan atau top line, tidak sedikit di antara enam perusahaan tersebut yang tetap mampu membukukan pertumbuhan laba yang meyakinkan.

PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN) salah satunya. Sepanjang Januari-September 2021, perusahaan ini mampu membukukan pertumbuhan laba hingga 52,9%, tepatnya dari Rp520,06 miliar menjadi Rp796,13 miliar. Padahal, di saat yang sama per­seroan masih mengalami kon­traksi pemasukan sekitar 17,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.