Larangan Impor Batu Bara Rusia dan Risiko Harga yang Meroket

Sanksi Uni Eropa kepada Rusia, eksportir batu bara terbesar ketiga di dunia, dikhawatirkan akan makin mengatrol harga emas hitam. Blok ini tetap kukuh melanjutkan rencana larangan impor batu bara meski ketergantungan kepada negeri beruang merah mencapai 70 persen.

Nindya Aldila

10 Agt 2022 - 19.16
A-
A+
Larangan Impor Batu Bara Rusia dan Risiko Harga yang Meroket

Ilustrasi penambangan batu bara (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA - Peta perdagangan batu bara di Uni Eropa akan berubah setelah blok itu mengembargo impor dari Rusia pada Agustus. Kendati bisa mencari pasar lain, dampak keluar kawasan seperti harga yang meroket akan menghantui.

Penutupan impor dari Rusia sebagai pemasok batu bara termal terbesar ketiga dunia dan pemain dominan di negara-negara Eropa akan meningkatkan persaingan di pasar global sehingga membuat perubahan harga di level yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun ini.

Larangan ini bisa berdampak pada kenaikan harga secara luar biasa untuk jangka waktu beberapa tahun. Seperti dilaporkan Bisnis.com yang melansir dari Bloomberg pada Rabu (10/8/2022), analis Fitch Solutions “secara substansial” menaikkan perkiraan harga batu bara termal Asia untuk tahun ini dan seterusnya.

Mereka memperkirakan harga bahan bakar yang dimuat di pelabuhan Newcastle Australia rata-rata US$320 per ton tahun ini dan US$246 per ton rata-rata dari 2022 hingga 2026, naik dari perkiraan sebelumnya masing-masing US$230 dan US$159.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Larangan Impor Batu Bara Rusia dan Risiko Harga yang Meroket

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.