Layanan Internet Operator Seluler RI Terus Membaik

Laporan Opensignal pada Desember 2021 menyebutkan rata-rata kecepatan unduh XL Axiata mencapai 15,5 Mbps pada Desember 2021, naik 4,2 Mbps secara tahunan.  Kecepatan unggah naik dari 5,1 Mbps pada 2020, menjadi 6,7 Mbps pada 2021.

Leo Dwi Jatmiko

14 Des 2021 - 17.23
A-
A+
Layanan Internet Operator Seluler RI Terus Membaik

Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Keseriusan operator seluler dalam memperluas jaringan setahun terakhir mulai membuahkan hasil. Hal itu tecermin dari peningkatan kecepatan unggah dan unduh layanan internet di Indonesia per Desember 2021 dari tahun sebelumnya.

Salah satu operator telekomunikasi yang cukup sukses memperbaiki kualitas layanan jaringannya adalah PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

Laporan Opensignal pada Desember 2021 menyebutkan rata-rata kecepatan unduh XL Axiata mencapai 15,5 Mbps pada Desember 2021, naik 4,2 Mbps secara tahunan.  Kecepatan unggah naik dari 5,1 Mbps pada 2020, menjadi 6,7 Mbps pada 2021. 

(BACA JUGA: Internet di Indonesia: Ada Perbaikan, tetapi Belum Optimal)

Sementara itu, skor pengalaman pelanggan dalam bermain gim naik dari 51,6 menjadi 56,1. Skor pengalaman pelanggan dalam menonton video juga naik dari 54,9 menjadi 58,7 pada Desember 2021. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan selalu berupaya meningkatkan kualitas jaringan. 

(BACA JUGA: Pembangunan Tower BTS di 3T Dikebut, Ini Strategi Bakti)

Fiberisasi, modernisasi jaringan dan implementasi teknologi menjadi beberapa upaya yang ditempuh XL. 

“Hal ini ditujukan untuk memperbaiki pengalaman pelanggan agar bisa berinternet dengan bebas hambatan, bebas buffering, dan lag,” kata Ayu kepada Bisnis, Selasa (14/12/2021). 

Mengenai investasi di 4G dan 5G pada tahun depan, kata Ayu, berbagai inisiatif telah dilakukan XL Axiata dalam mempersiapkan jaringannya untuk mengadopsi teknologi 5G. Akan tetapi, adopsi teknologi ini  perlu disesuaikan dengan kesiapan ekosistem pendukung 

Mengacu pada permintaan dan ketersediaan ekosistem yang ada, XL masih akan fokus dalam mengembangkan 4G pada tahun depan. 

“Layanan 4G LTE masih menjadi prioritas XL Axiata,” Ayu.

LAYANAN VIDEO

Sementaraitu, Opensignal juga menilai masyarakat makin nyaman dalam menonton video di jaringan Indosat pada Desember 2021. 

Dibandingkan dengan Desember 2020, skor pengalaman pelanggan dalam menonton video di jaringan Indosat naik dari 55,2 menjadi 58,9 pada 2021. 

Opensignal juga menemukan fakta bahwa rata-rata kecepatan unduh-unggah Indosat mencapai 13,2 Mbps pada Desember 2021, naik 2,5 Mbps dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kecepatan unggah naik dari 5,6 Mbps pada 2020, menjadi 7,2 Mbps pada 2021. 

Menanggapi laporan tersebut, SVP-Head of Corporate Communications Steve Saerang mengatakan Indosat Ooredoo berada di jalur yang tepat dalam menjalankan strategi turnaround.

“Khususnya di sisi perencanaan jaringan yang ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kecepatan unduh maupun unggah data,” kata Steve kepada Bisnis, Selasa (14/12/2021). 

Steve menambahkan  perseroan ke depan akan terus fokus untuk memperluas jangkauan layanan 4G berkualitas video di seluruh Indonesia, sambil terus mempersiapkan pemanfaatan layanan 5G. 

Saat ini layanan 5G Indosat hadir di beberapa kota dengan kasus pemanfaatan yang yang disesuaikan dengan kebutuhan di wilayan tersebut,  diantaranya sektor manufaktur, layanan publik, pengelolaan kota, kesehatan, pendidikan, pertanian, perdagangan, pariwisata, dan UMKM.  

“Kami akan menggunakan kasus pemanfaatan teknologi 5G yang dapat memaksimalkan potensi lokal agar mewujudkan Indonesia menjadi kekuatan digital di Asia Tenggara,” kata Steve. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.