Legitnya Pasar Bisnis Klinik Kecantikan di Indonesia

Semakin meningkatnya kesadaran dalam menjaga kulit wajah dan tubuh membuat industri kecantikan sepanjang 2023 mengalami perkembangan yang pesat.

Yanita Petriella

13 Jan 2024 - 14.28
A-
A+
Legitnya Pasar Bisnis Klinik Kecantikan di Indonesia

ilustrasi-perempuan-menggunakan-skincare-di-pagi-dan-malam-hari.

Bisnis, JAKARTA – Jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi sebuah target bisnis yang menggiurkan. Apalagi, tren drama Korea mampu membuat para perempuan di Indonesia juga terhipnotis dengan kecantikan dan kemulusan kulit para bintang sehingga berlomba-lomba memiliki kulit putih, bersih, cerah, dan kinclong atau glowing. 

Semakin meningkatnya kesadaran dalam menjaga kulit wajah dan tubuh membuat industri kecantikan sepanjang 2023 mengalami perkembangan yang pesat. 

Hal itu bisa terlihat dari semakin banyak orang mendatangi klinik-klinik kecantikan di dekat rumah dan sejumlah perawatan menjadi tren di masyarakat.

Dilansir dari Statista, pendapatan di pasar Kecantikan dan Perawatan Pribadi atau Personal Care di Indonesia cukup menjanjikan, yaitu mencapai US$8,09 miliar pada 2023. 

Pasar Kecantikan dan Perawatan Pribadi yang dibagi menjadi lima segmen, yaitu bagian kosmetik, skincare, personal care, parfum dan teknologi kecantikan ini semuanya mengalami kenaikan dari awal tahun 2023.

Sedangkan untuk segmen pasar terbesar adalah segmen personal care dengan volume pasar sebesar US$3,41 miliar pada tahun 2023.

Legitnya bisnis pasar kecantikan di Indonesia membuat klinik kecantikan asal Singapura Eudora Aesthetic Clinic terus mengembangkan cabangnya di Indonesia. Saat ini, terdapat 7 cabang Eudora di kota besar Indonesia, antara lain Jakarta, Tangerang, Medan, dan Batam.

Dokter Eudora Aesthetic Clinic Rahma Sari mengatakan klinik ini menawarkan one stop solution untuk seluruh permasalahan perempuan baik untuk kulit wajah, tindakan slimming dan hair removal yang cukup lengkap.

Dengan memanfaatkan perpaduan Chinese Traditional dengan Modern Science, Eudora menyediakan perawatan yang cukup variatif dimulai dari laser, cryolipolysis, HIFU, facial, hingga akupuntur, lymphatic detox untuk memenuhi kebutuhan perempuan Indonesia.

“Perawatan wajah dan tubuh sangat penting dilakukan secara rutin agar kulit dan tubuh semakin sehat. Kami ada trial treatment di bawah Rp100.000 untuk bisa mencoba,” ujarnya dalam keterangan, Sabtu (13/1/2024). 

Baca Juga: Kosmetik & Skincare Thailand Bidik Pasar Kecantikan Indonesia

Sementara itu, Pakar Bidang Estetika dan Antipenuaan Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia Cynthia Jayanto menuturkan tren perawatan kecantikan sepanjang 2024 menawarkan berbagai macam perawatan estetika inovatif khususnya yang berbasis teknologi yakni perawatan estetika regeneratif dan perawatan non-invasif dengan hasil natural.

“Perawatan regeneratif adalah treatment mengandalkan kemampuan alami tubuh untuk memperbaiki, meremajakan sel dan struktur yang rusak ke keadaan yang lebih sehat dan awet muda, misalnya collagen stimulator atau PRP (Platelet Rich Plasma),” ucapnya. 

Selain itu, ada juga tren mesoterapi dengan metode invasif minimal yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan meremajakan kulit, semisal filler dan botox. 

“Ini akan masih menjadi perawatan populer di tahun 2024. Tak hanya kerutan, kulit kendur di area rahang juga bisa dihilangkan dengan mesoterapi,” katanya. 

Perawatan lain yang menjadi tren pada tahun 2023 yaitu membuat wajah menjadi bercahaya atau sehat dan cerah seperti facial, skin booster, DNA Salmon, laser untuk jerawat dan menghilangkan bulu, diprediksi masih tetap banyak disukai masyarakat pada 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.