Legitnya Pasar Rumah Mewah Premium yang Diburu Orang Kaya

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, namun permintaan rumah tapak high end rasa premium terus diminati. Para pengembang besar pun gencar mengeluarkan produk rumah mewah mereka. Hal ini menjadi salah satu penanda bagi kalangan tertentu yakni orang kaya sangat mudah beli rumah

Yanita Petriella

17 Jul 2022 - 13.27
A-
A+
Legitnya Pasar Rumah Mewah Premium yang Diburu Orang Kaya

Rumah Pasadena Grand Residence besutan Grand Residence

Bisnis, JAKARTA – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, namun permintaan rumah tapak high end rasa premium terus diminati. Para pengembang besar pun gencar mengeluarkan produk rumah mewah mereka dalam dua tahun terakhir. Hal ini menjadi salah satu penanda bagi kalangan tertentu yakni orang kaya sangat mudah untuk membeli rumah.

Berdasarkan data Bank Indonesia, Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan harga hunian untuk segala kategori makin mahal pada kuartal I/2022. Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia menyebutkan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal I/2022 tumbuh sebesar 1,87 persen secara tahunan (year-on-year/YoY). Peningkatan tersebut lebih tinggi dari kenaikan pada kuartal sebelumnya sebesar 1,47 persen YoY. Angka ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada kuartal I/2021 sebesar 1,35 persen YoY. 

Kenaikan indeks harga properti residensial terjadi pada seluruh tipe rumah yaitu tipe kecil, tipe menengah, dan tipe besar. Survei IHPR menyebutkan tipe rumah kecil, menengah, dan tipe besar masing-masing mengalami kenaikan sebesar 2,37 persen, 2,22 pesen, dan 1,01 persen. Peningkatan pertumbuhan IHPR kuartal I/2022 didorong oleh penyesuaian harga yang dilakukan oleh pengembang sejak awal 2022 dengan berlakunya insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) tetapi besarnya dikurangi secara terukur (tapering) dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara itu, penjualan rumah primer pada kuartal I tahun 2022 secara tahunan terpantau membaik, meski penjualan rumah masih mengalami kontraksi sebesar -10,11 persen (yoy), lebih baik dari kontraksi sebesar -11,60 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya. Perbaikan perkembangan penjualan pada kuartal I tahun 2022 didorong oleh membaiknya penjualan pada tipe besar yang tumbuh sebesar 4,01 persen (yoy) dan perbaikan penjualan tipe rumah kecil sebesar -8,27 persen (yoy) yang sebelumnya mengalami kontraksi lebih dalam sebesar -23,79 persen (yoy). Sementara itu, penjualan tipe rumah menengah pada kuartal I tahun 2022 tercatat sebesar -18,28 persen (yoy), atau mengalami penurunan dibandingkan penjualan pada kuartal IV tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.