Lelang 72 Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi Terganjal Pasokan

Lelang 72 WJD gas bumi dari enam ruas yang sudah terpetakan itu terpaksa ditunda sampai ada kepastian pasokan gas dari hulu untuk calon operator jaringan distribusi di sejumlah daerah.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

30 Des 2023 - 22.22
A-
A+
Lelang 72 Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi Terganjal Pasokan

Jaringan gas atau jargas rumah tangga PT PGN Tbk. ANTARA/HO-PT PGN Tbk.

Bisnis, JAKARTA — Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terpaksa menunda lelang 72 wilayah jaringan distribusi (WJD) gas bumi akibat tidak adanya kepastian pasokan gas dari hulu.

Padahal, amanat pelelangan WJD itu menjadi tindak lanjut atas Keputusan Menteri ESDM Nomor 10.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional Tahun 2022—2031 yang ditetapkan pada 12 Januari 2023.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan bahwa lelang 72 WJD gas bumi dari enam ruas yang sudah terpetakan itu terpaksa ditunda sampai ada kepastian pasokan gas dari hulu untuk calon operator jaringan distribusi di sejumlah daerah. 

“Apabila kami melakukan lelang WJD [sekarang], itu nanti si pemenang lelang mempunyai hak untuk melakukan alokasi gas. Ini yang belum bisa kami pastikan karena ada beberapa proyek itu terlambat di beberapa tempat,” kata Erika saat konferensi pers akhir tahun di Sentul, Bogor, Sabtu (30/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.