Lemah Penetrasi Tanpa Palapa Ring Integrasi

Palapa Ring Integrasi juga akan memberikan kontribusi pada penetrasi internet baik fixed broadband maupun mobile broadband.

Fatkhul Maskur

11 Jan 2023 - 18.04
A-
A+
Lemah Penetrasi Tanpa Palapa Ring Integrasi

Foto udara salah satu Base Transceiver Station (BTS) PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) di kawasan Sobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022). Site Management NTT Regional Bali Nusa PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah membantah kabar Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring sepi peminat. Namun, diakui juga mengakui bahwa proyek lanjutan Palapa Ring Integrasi akan menambah akan berkontribusi pada penetrasi internet, baik fixed broadband maupun mobile broadband.

Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring Timur dikabarkan masih sepi peminat. Proyek strategis nasional senilai Rp5,13 triliun belum memiliki banyak penyewa hingga Desember 2022. Berdasarkan data yang diterima Bisnis.com, dari 504 Gbps kapasitas, yang telah digunakan baru 1 Gbps.

Jumlah tersebut sangat kecil untuk sebuah infrastruktur jaringan tulang punggung yang telah beroperasi sejak Desember 2019. Namun data tersebut dibantah oleh Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Dhia Anugrah Febriansa. 

Utilisasi Palapa Ring Timur dikatakan terus bertumbuh, bahkan telah melampaui target. "Update utilisasi Palapa Ring Timur per akhir Desember 2022 mencapai fiber optic 284 Gbps dan micro wave 4.700 Mbps. Adapun targetnya 280 Gbps," kata Dhia, Rabu (11/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.