Lembaga Filantropi Indonesia Bangun Kerja Sama ke Yordania

Indonesia memperkuat hubungan bilateral dengan Yordania dalam rangka penguatan SDM, terutama kerja sama pendidikan dan program wakaf.

Rinaldi Azka

26 Feb 2024 - 23.13
A-
A+
Lembaga Filantropi Indonesia Bangun Kerja Sama ke Yordania

Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo (kedua kanan) berfoto bersama Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Azmi Mahafidzoh (kedua kiri)./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Lembaga filantropi asal Indonesia Assalam fil Alamin (ASFA Foundation) memperkuat kerja sama dengan pemerintah Yordania demi memperkuat sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo bertemu Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Azmi Mahafidzoh dan Menteri Wakaf Syaikh Muhammad Ahmad Al-Kholaila di Amman Yordania, pertemuan dalam rangka peningkatan penguatan kerjasama pendidikan dan wakaf.

"ASFA Foundation saat ini ikut terlibat aktif dalam menyambut Indonesia Emas tahun 2045 melalui penyiapan bonus demografi yang akan dimulai pada tahun 2030," kata Syafruddin Kambo, Senin (26/2/2024).

Pertemuan didampingi oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania merangkap Palestina Ade Padmo Sarwono, Wasekjen MUI Pusat Dr. Ali Hasan Al-Bahar, Wakil Ketua Wakaf ASFA KH. Anizar Masyhadi, MA., Muhammad Ilham Effendi, Alamsyah dan Pangeran Arsyad.

Adapun, dua menteri Yordania tersebut menyambut baik program ASFA Foundation dalam rangka percepatan dan pengembangan SDM yang berbasis pada penguatan lembaga pendidikan dan pesantren di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan negara penting dan mempunyai hubungan dekat dengan Yordania.

Sehari sebelumnya, Wakapolri 2016-2018 tersebut bertemu dengan Sekjen Jordan Hashimate Charity Organization (JHCO) Husein Muhammad As-Sibly dalam rangka membahas bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Baca Juga : Kamala Harris Mengaku Siap Jadi Presiden Setelah Biden Disebut Sudah Pikun 

Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo bertemu dengan Grand Mufti Yordania Syaikh Ahmad Al-Hasanat pada Minggu (25/2/2024).

Yordania adalah satu-satunya negara yang mempunyai akses panyaluran bantuan ke Gaza melalui udara, dan menampung 2,5 juta pengungsi rakyat Palestina.

Kerajaan Yordania menjadi penjaga situs suci Jerussalem (Masjidil Aqso) sejak 1924 dan mengelola 120 masjid yang ada di Jerussalem. Raja Yordania Abdullah II secara resmi mendapat gelar Custodian of Holy Sites in Jerusalem.

Adapun, pertemuan pertama ASFA Foundation dengan Grand Mufti Yordania Syaikh Ahmad Al-Hasanat, pada Minggu (25/2/2024). Dia menyambut baik upaya ASFA Foundation dalam rangka percepatan dan pengembangan SDM yang berbasis pada penguatan pesantren dan lembaga pendidikan di Indonesia.

Baca Juga : Transformasi Indonesia dan India Jadi Negara Favorit Investor 

Syaikh Ahmad Al-Hasanat juga siap memfasilitasi kegiatan tetap dan berkala bagi mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Yordania, untuk diadakan program pendidikan intensif tentang ilmu Al-Quran, tafsir, hadis, fikih dan usul fiqh dan lainnya, sebagai upaya untuk memperkaya khazanah intelektual dan pengetahuan mahasiswa serta memperkokoh pandangannya dalam wasatiyyat Islam.

Grand Mufti Yordania mengapresiasi peran Indonesia dan ASFA Foundation yang sikapnya telah membela rakyat Palestina dan secara nyata telah ikut membantu warga Palestina di Gaza.

Selama di Amman, Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo direncanakan akan bertemu dengan pejabat tinggi Yordania lainnya di Amman; Menteri Pendidikan Tinggi, Menteri Wakaf dan Kepala Jordan Hashemite Charity Organization. Indonesia dan Yordania merupakan negara sahabat yang hubungannya sangat erat dan saling menguatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.