Lepas Status Persero Semen Baturaja (SMBR) demi Tingkatkan Pasar

PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) akan meningkatkan pasar domestik usai terintegrasi dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) dan melepas status Persero.

Jaffry Prabu Prakoso

25 Feb 2023 - 15.36
A-
A+
Lepas Status Persero Semen Baturaja (SMBR) demi Tingkatkan Pasar

Bisnis, JAKARTA — PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) akan meningkatkan pasar domestik usai terintegrasi dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR). Selain itu, SMBR juga melepas status Persero alias korporasi BUMN dari nama perusahaan. 

Direktur Utama SMBR Daconi Khotob mengatakan bahwa kinerja perseroan telah meningkat dengan mencatatkan volume penjualan sebesar 2 juta ton pada 2022. Angka tersebut naik 4 persen dari 2021.

"Masuknya SMBR dalam SMGR akan meningkatkan kinerja secara signifikan," jelasnya dalam siaran pers, Jumat (24/2/2023).


Rapat umum pemegang saham luar biasa PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) yang diadakan bulan lalu. /Dok. Perseroan


SMBR juga terus berupaya memperkuat pasar domestik khususnya di wilayah Sumatra bagian selatan (Sumbagsel) yang merupakan basis pasar perseroan pascainbreng saham. Pasar SMBR di Sumbagsel juga telah meningkat menjadi 34 persen.

Dia mengatakan bahwa SMBR menyiapkan strategi manajemen rantai pasokan melalui optimalisasi jaringan distribusi dengan model bisnis terkonsolidasi. Model bisnis tersebut juga memberikan efisiensi biaya distribusi yang lebih fleksibel serta meningkatkan utilisasi pabrik.

Baca juga: Nasib Proyek IKN saat Waskita (WSKT) Terlilit Utang Jumbo

Berdasarkan keterbukaan informasi, Corporate Secretary SMBR Basthony Santri mengatakan bahwa perubahan nama perseroan telah disepakati para pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 24 Januari 2023. 

Nama perusahaan SMGR berubah dari sebelumnya PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. menjadi PT Semen Baturaja Tbk.

SMBR juga telah memperoleh keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) No. AHU-0011672.AH.01.02 Tahun 2023 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas PT Semen Baturaja Tbk tertanggal 21 Februari 2023. Hasil RUPSLB juga telah diterima dan dicatat dalam sistem administrasi badan hukum Kemenkumham.

Baca juga: Garudafood (GOOD) Rasakan Berkah Menjelang Ramadan

RUPSLB juga sepakat melakukan perubahan anggaran dasar perseroan atas bergabungnya dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG dalam holding sub klaster semen. Proses integrasi SMBR ke SIG berhasil diselesaikan dan telah melengkapi seluruh tahapan pembentukan holding BUMN sub klaster semen.


Karyawan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mengecek produksi semen di pabrik perseroan. /Istimewa


Negara dan SIG telah menandatangani akta perjanjian pengalihan saham sebanyak 7,49 miliar (7.499.999.999) saham Seri B milik Negara di SMBR agar beralih kepemilikannya kepada SIG. Perjanjian ini membuat status SMBR berubah menjadi non-persero menjadi salah satu anak persuahaan SIG.

Adapun, Negara RI masih memegang 1 saham seri A Dwiwarna, sedangkan SIG memiliki 7,49 milair saham seri B, dan masyarakat memiliki 2,43 miliar (2.432.534.336) saham seri B. (Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.