Lesu Kinerja Kredit UMKM Awal Tahun

Tren penurunan penyaluran kredit UMKM terlihat pada porsi kredit UMKM terhadap total kredit industri perbankan.

Arlina Satiti Mugi Laras

2 Jul 2024 - 14.13
A-
A+
Lesu Kinerja Kredit UMKM Awal Tahun

Penyaluran kredit UMKM lesu di awal tahun

Kinerja penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) awal tahun tercatat lesu di tengah opsi perpanjangan restrukturisasi kredit akibat Covid-19 hingga 2025. Berakhirnya kebijakan keringanan kredit itu turut memberikan efek terhadap penyaluran kredit 'wong cilik'.

Berdasarkan data Analisis Uang Beredar yang diterbitkan Bank Indonesia, realisasi penyaluran kredit UMKM lesu pada awal tahun, melanjutkan tren pada pengujung tahun 2023. Dari data tersebut, terlihat bahwa porsi penyaluran kredit UMKM terhadap total penyaluran kredit terus melandai dengan lebih dari 19% pada September 2023 hingga menyentuh kisaran 18% pada Mei 2024. 

Adapun, secara nominal, penyaluran kredit ‘wong cilik’ itu masih menanjak. Sayangnya, pertumbuhan realisasi penyaluran kredit UMKM berdasarkan nominal tak mampu mengejar penyaluran kredit secara total industri perbankan. Lebih lanjut, penurunan paling dalam pada Maret 2024 yang bersamaan dengan berakhirnya restrukturisasi kredit akibat Covid-19. Penurunan pun berlanjut hingga Mei 2024. (Lihat data terlampir)

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan bahwa opsi perpanjangan restrukturisasi kredit Covid-19 ini bertolak pada lesunya penyaluran kredit UMKM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.