Lesunya Bisnis Ruang Perkantoran yang Masih Terjerat Pandemi

Meskipun pandemi Covid-19 di Indonesia mulai terkendali dan kondisi yang telah berada di era new normal, namun sektor perkantoran di Tanah Air belum mengalami pemulihan. Padahal, mulai normalnya kegiatan masyarakat termasuk WFO yang mulai kembali diberlakukan diharapkan dapat membawa angin segar.

Yanita Petriella

25 Agt 2022 - 23.51
A-
A+
Lesunya Bisnis Ruang Perkantoran yang Masih Terjerat Pandemi

-

Bisnis, JAKARTA – Meskipun pandemi Covid-19 di Indonesia mulai terkendali dan kondisi yang telah berada di era new normal, namun sektor perkantoran di Tanah Air belum mengalami pemulihan.

Padahal, mulai normalnya kegiatan masyarakat termasuk work from office (WFO) yang mulai kembali diberlakukan setelah sebelumnya kebijakan work from home (WFH) diharapkan dapat membawa angin segar bagi sektor perkantoran. 

Berdasarkan data Knight Frank, di skala regional, terjadi kenaikan harga perkantoran premium di Asia Pasifik rerata meningkat 1,9 persen (quarter to quarter). Adapun tingkat hunian perkantoran di Jakarta berada dikisaran sedikit kurang dari 80 persen, lebih rendah dari Singapura yang berada dikisaran 90 persenan, lalu Manila yang berada sekitar 80 persenan. 

Tingkat okupansi ruang kantor premium terendah di Asia Pasifik terjadi di Pnom Penh dan Kuala Lumpur. Sementara itu, Jakarta diperkirakan tahun depan akan memiliki stok baru sekitar 14 persen dari total stok saat ini, posisi yang sama dengan Manila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.