Lesunya Kinerja Minyak Sawit di Tengah Gairah Ekspor Batu Bara

Penurunan ekspor komoditas minyak sawit mentah berdampak pada lesunya kinerja neraca perdagangan sepanjang Maret 2023. Kondisi ini dipengaruhi oleh penurunan permintaan dari negara utama seperti India dan Pakistan.

Rayful Mudassir

18 Apr 2023 - 10.29
A-
A+
Lesunya Kinerja Minyak Sawit di Tengah Gairah Ekspor Batu Bara

Ilustrasi: Bijih sawit di antara tumpukan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Bahan bakar mineral sekali lagi menjadi penopang kinerja ekspor nonmigas pada Maret 2023. Catatan ini krusial di tengah lesunya ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil dari negara tujuan utama.

Merosotnya perdagangan minyak sawit berdampak pada penurunan kinerja ekspor Indonesia sebesar 11,33 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$23,5 miliar pada Maret. Namun, nilai tersebut masih meningkat 9,89 persen secara bulanan (month to month/mtm). 

Secara umum, lesunya ekspor disebabkan oleh kontraksi sektor industri pengolahan sebesar 13,67 persen secara yoy, meski naik 7,22 persen secara mtm. Salah satunya dipengaruhi oleh penurunan kinerja komoditas CPO. 

“Penurunan ini memang antara lain disebabkan oleh sektor industri pengolahan yang memberikan kontribusi utama,” kata Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi, Senin (17/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Lesunya Kinerja Minyak Sawit di Tengah Gairah Ekspor Batu Bara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.