Lika-Liku Perebutan Likuiditas Pasar Keuangan Era Bunga Tinggi

Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang diikuti dengan naiknya berbagai bunga instrumen investasi, mendorong perbankan, manajer investasi, dan pemerintah untuk menarik likuiditas di masyarakat.

Tim Redaksi

10 Nov 2023 - 18.34
A-
A+
Lika-Liku Perebutan Likuiditas Pasar Keuangan Era Bunga Tinggi

Ilustrasi likuiditas. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Likuiditas di pasar keuangan nasional berpotensi kian mengetat seiring dengan kian tingginya suku bunga pasar. Kondisi ini berpotensi mendorong perebutan likuiditas di pasar yang memaksa instrumen keuangan diterbitkan dengan bunga yang lebih tinggi demi menarik minat investor.

Naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia bakal ditransmisikan pada bunga berbagai instrumen keuangan lainnya, terutama deposito bank dan surat berharga berbasis utang, baik yang diterbitkan pemerintah maupun korporasi.

Secara teoretis, naiknya suku bunga bakal mendorong masyarakat untuk memarkirkan dananya di berbagai instrumen keuangan ketimbang melakukan aktivitas belanja, konsumsi, atau investasi di sektor riil. Alhasil, tingkat permintaan barang dan jasa berkurang, inflasi pun mereda.

Hal ini menjadikan perputaran likuiditas di instrumen keuangan justru lebih berlimpah. Namun, pada saat yang sama, di era bunga tinggi masyarakat cenderung akan mengincar instrumen yang mampu menawarkan tingkat bunga paling tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Lika-Liku Perebutan Likuiditas Pasar Keuangan Era Bunga Tinggi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.