Lika-Liku Skema Baru BPJS Kesehatan Kelas Standar

BPJS Kesehatan buka suara menyoal penyesuaian tarif iuran pasca KRIS diterapkan.

Pernita Hestin Untari & Wibi Pangestu Pratama

15 Mei 2024 - 14.21
A-
A+
Lika-Liku Skema Baru BPJS Kesehatan Kelas Standar

Karyawan melayani peserta di salah satu kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Penyesuaian tarif hingga wacana penghapusan sistem kelas BPJS Kesehatan lantaran berlakunya Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) masih menjadi perbincangan. Detail keknis terkait dengan kebijakan itu hingga saat ini juga juga terbilang masih rancu.

Belum lagi, sebelumnya kabar penghapusan sistem kelas BPJS Kesehatan sempat menjadi opsi. Namun pada Selasa (14/5/2024) sore, beredar siaran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terkait kebijakan pemerintah terapkan sistem KRIS. Dokumen itu berjudul Tidak Ada Narasi Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan di Perpres 59/2024, aturan tentang Jaminan Kesehatan.

BPJS kesehatan buka suara, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron mengatakan, penyesuaian tarif saat ini masih menunggu hasil evaluasi. “Semua nanti dievaluasi, dan BPJS bukan pihak yang mengevaluasi, baru ditentukan kira-kira manfaat layanan seperti apa, tarif dan iurannya,” kata Ghufron saat dihubungi Bisnis, dikutip Rabu (15/5/2024).

Selain itu, lanjut Ghufron, kondisi keuangan BPJS Kesehatan saat ini masih dapat mencukupi, atau tidak terjadi defisit. Meskipun di tengah banyaknya klaim hingga kenaikan tarif layanan kesehatan, kecukupan dana harus diperhitungkan. Adapun dana yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah iuran para peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.