Lockdown di Negara Kompetitor Pacu Ekspor Produsen Garmen Indon

PT Globalindo Intimates dan PT Selalu Cinta Indonesia akan berproduksi dengan kapasitas penuh hingga 2023. 

Reni Lestari

28 Sep 2021 - 19.06
A-
A+
 Lockdown di Negara Kompetitor Pacu Ekspor Produsen Garmen Indon

Pekerja di pabrik garmen/Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA — PT Globalindo Intimates di Kabupaten Klaten dan PT Selalu Cinta Indonesia di Salatiga menuai berkah dari pembatasan mobilitas di Vietnam dan sejumlah negara lain. 

Kebijakan negara-negara tersebut ternyata mampu memacu ekspor pengusaha garmen dan alas kaki dalam negeri.

"Saat ini, PT GI [Globalindo Intimates] dan PT SCI [Selalu Cinta Indonesia] sedang mendapatkan limpahan order dari Vietnam dan negara kawasan lainnya yang sedang lockdown akibat pandemi Covid-19 gelombang kedua," kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhamad Khayam melalui keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

Limpahan order tersebut dimanfaatkan oleh GI dan SCI yang akan berproduksi dengan kapasitas penuh hingga 2023. Kedua perusahaan juga tengah memacu produksi untuk memenuhi permintaan ke pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Khayam mengatakan bahwa peningkatan produktivitas tersebut dimungkinkan dengan kebijakan operasional 100 persen pada masa pandemi pada industri yang masuk sektor esensial. 

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian No.3/2021 juncto No.5/2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

"Jumlah tenaga kerja PT GI saat ini sebanyak 3.800 orang dan akan ditambah menjadi lebih dari 6.000 orang, sedangkan PT SCI akan menambah tenaga kerja menjadi 9.000 orang dari jumlah existing 5.400 orang," katanya.

Dalam kunjungan kerjanya, Khayam memastikan pemberlakuan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi selama proses produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.