Lokasi dan Jadwal Uji Coba Kereta Otonom IKN

Kereta otonom dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Dengan begitu, kendaraan tersebut ramah lingkungan.

Lorenzo Anugrah Mahardhika

4 Jun 2024 - 20.11
A-
A+
Lokasi dan Jadwal Uji Coba Kereta Otonom IKN

Pembangunan IKN

Bisnis, JAKARTA – Uji coba kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) dikabarkan dapat dilakukan pada Agustus 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hal tersebut seiring dengan selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang dilakukan Kementerian PUPR.

“Insyaallah, dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Mahal, Lebih Baik Bikin Kereta di Sumatera dan Sulawesi

Budi menjelaskan bahwa IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan. Kehadiran ART di IKN sejatinya sesuai dengan prinsip tersebut, sebab mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas, dan yang tak kalah penting ramah lingkungan.

Kereta otonom, tambah Budi, dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Dengan begitu, kendaraan tersebut ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi.

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, dengan satu lajur khusus bus dan ART. Menurutnya, jalan yang sudah selesai dibangun ini punya tekstur sangat halus yang akan membuat nyaman para pengendara dan penumpang yang melintas.

 

 

Lebih lanjut, Budi berharap IKN dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di tanah air. 

“Semoga IKN bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk membeli sebanyak tiga trainset dari China untuk kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menuturkan masing-masing trainset yang akan dibeli terdiri atas tiga gerbong atau kereta. Sehingga, secara keseluruhan Indonesia akan membeli sebanyak sembilan kereta.

Baca juga: Menhub Ungkap Lokasi Uji Coba Kereta Otonom IKN

Meski demikian, dia enggan menyebutkan dana yang akan dikeluarkan untuk rencana pembelian tersebut. "Untuk tahap awal kereta otonom, kita beli tiga trainset dari China," kata Risal. 

Risal menuturkan, trainset kereta otonom yang akan dibeli Indonesia sudah terbukti keandalan operasinya. Pasalnya, jenis kereta yang sama telah dioperasikan di China dan dapat beroperasi dengan optimal. 

Dia menambahkan, jenis kereta otonom yang akan dibeli oleh Indonesia juga telah digunakan oleh enam negara lain, contohnya di Malaysia pada daerah Kuching. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.