Lomba Kuasa di Luar Angkasa, Sementara Richard Branson Juara

Persaingan tiga miliarder dunia itu, selain seru, akan menghibur dan membuat publik berdecak kagum. Elon Musk, Jeff Bezos dan Richard Bransos adalah orang-orang kaya dunia yang "sudah bosan" hanya melakukan perjalanan di bumi. Itu sebabnya, ruang angkasa menjadi opsi lain mereka. 

Tim Redaksi

12 Jul 2021 - 12.50
A-
A+
Lomba Kuasa di Luar Angkasa, Sementara Richard Branson Juara

Richard Branson pendiri Virgin Galactic berhasil mencapai titik terjauh luar angkasa dengan pesawat berpendorong roket Virgin Galactic miliknya./Bloomberg

Bisnis, JAKARTA - Lomba menjadi orang pertama yang mencapai ruang angkasa di luar pemerintah untuk sementara dimenangkan bos Virgin Galactic Richard Branson. Dua pesaingnya, yang juga sama-sama tajir, Elon Musk dan Jeff Bezos pasti tidak tinggal diam. 

Persaingan tiga miliarder dunia itu, selain seru, akan menghibur dan membuat publik berdecak kagum. Seperti diketahui Musk, Bezos dan Bransos adalah orang-orang kaya dunia yang "sudah bosan" hanya melakukan perjalanan di bumi. Itu sebabnya, ruang angkasa menjadi opsi lain mereka. 

Lebih dari itu, mereka akan mengeksplorasi dan mengembangkan kemungkinan bisa membawa orang lain berwisata ke luar angkasa, menikmati berbagai sensasi perjalanan yang belum diketahui orang kebanyakan.  

Miliarder Sir Richard Branson berhasil mencapai titik terjauh luar angkasa dengan pesawat berpendorong roket Virgin Galactic miliknya. Pengusaha Inggris itu melakukan penerbangan supertinggi di atas wilayah New Mexico, AS dengan pesawat yang telah dikembangkan perusahaannya selama 17 tahun.

Branson mengaku perjalanan itu sebagai "pengalaman seumur hidup" saat berhasil kembali dengan selamat ke Bumi lebih dari satu jam setelah meninggalkan daratan.

"Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, tapi sejujurnya tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk melihat planet Bumi dari luar angkasa," katanya dalam konferensi pers setelah penerbangan seperti dikutip BBC.com, Senin (12/7/2021).

Dia  mengaku semua yang dialaminya benar-benar ajaib. Perjalanan tersebut juga menjadikannya sebagai pelopor pariwisata luar angkasa pertama yang mencoba kendaraan mereka sendiri, mengalahkan Jeff Bezos dari Amazon dan Elon Musk dari SpaceX.

Virgin Galactic menawarkan jalan-jalan ke luar angkasa dengan tarif Rp3 miliar./www.virgingalactic.com

Ketinggian yang dicapai Richard Branson dengan pesawat roket, yang dikenal sebagai Unity, adalah 85 kilometer.

Dalam misinya, Branson didampingi dua pilot, Dave Mackay dan Michael Masucci, serta tiga karyawan Galactic masing-masing Beth Moses, Colin Bennett dan Sirisha Bandla.

Trio terakhir dan Richard Branson akhirnya mendapatkan penghargaan berupa wing penerbangan luar angkasa  komersial, Chris Hadfield.

Branson menyebut penerbangan itu sebagai ujian pengalaman wisata luar angkasa yang diharapkannya mulai dijual kepada pelanggan mulai tahun depan.

"Saya membawa buku catatan saya dan saya telah menuliskan 30 sampai 40 hal kecil yang akan membuat pengalaman bagi orang berikutnya yang pergi ke luar angkasa bersama kami jauh lebih baik," katanya.

Dia menambahkan, satu-satunya cara untuk dapat menemukan hal-hal kecil ini adalah dengan masuk ke pesawat luar angkasa dan pergi ke luar angkasa serta mengalaminya sendiri.

Elon Musk dan Starship

Salah satu "pesaing" Richard Branson yakni Elon Musk juga tidak tinggal diam. Dia memiliki Starship untuk membawa orang-orang berwisata ke bulan. Elon Musk mengklaim kapal Starship-nya dapat membantu membersihkan sampah luar angkasa dengan membuang puing-puing yang ada.

Starship adalah pusat dari rencana Musk untuk mengirimkan manusia ke Mars. Starship diklaim dapat memecahkan masalah mendesak, terutama orbit bumi yang semakin berantakan dengan puing-puing dari misi luar angkasa sebelumya. Hal ini dinilai dapat menjadi ancaman serius bagi rencana masa depan.

Berdasarkan data Badan Antariksa Eropa, terdapat 34.000 objek yang berdiameter lebih dari 10 cm dan 900.000 yang berukuran antara satu dan 10 cm yang mengelilingi bumi.

Elon Musk/Bloomberg

Dengan semakin banyaknya satelit yang diluncurkan ke luar angkasa, potensi tabrakan berkecepatan tinggi dengan puing-puing antariksa akan semakin meningkat.

Saat ditanya melalui Twitter, Elon Musk menjawab bisa menerbangkan Starship di sekitar ruang angkasa dan mengumpulkan puing-puing dengan fairing yang bergerak. Hal ini tentu untuk menghindari sindrom Kessler, yakni mempersulit operasi di orbit bumi jika keadaan menjadi cukup buruk.

Kendaraan uji Starship Hopper Space Exploration Technologies Inc. dekat Boca Chica, Texas, A.S. - Bloomberg

Elon Musk punya rencana besar membawa umat manusia ke luar angkasa. Pada Januari lalu dia mengumumkan rencana mengirim satu juta orang ke Mars pada tahun 2050.

Musk juga berencana membangun 1.000 pesawat luar angkasa selama 10 tahun, setara dengan 100 pesawat ruang angkasa per tahun.

20 Juli, Pembuktian Bezos

Langkah progresif Richard Branson disebut-sebut karena keinginan mengungguli Jeff Bezos. Virgin Galactic milik Branson dan Blue Origin milik Bezos bersaing untuk meluncurkan penumpang berbayar pada perjalanan suborbital dan orbital pada tahun-tahun mendatang. Harapannya harga tiket akan turun seiring dengan pertumbuhan pasar.

Branson mendirikan Virgin Galactic pada 2004 untuk menyediakan penerbangan wisata antariksa pendek ke tepi luar angkasa. Branson telah lama mengatakan dirinya akan menjadi penumpang pada penerbangan komersial pertama. Hal itu pun terbayar sudah.

Branson telah melakukan penerbangan sembilan hari sebelum Bezos, pendiri Amazon, memasang kapsul New Shepard yang dibuat oleh perusahaan roketnya, Blue Origin.

Shepard baru telah terbang ke tepi ruang 15 kali tetapi belum membawa orang. Kapsul tersebut sepenuhnya otomatis, tanpa pilot.

Jeff Bezos dan Blue Origin/Istimewa

Pada 7 Juni 2021, Bezos telah memposting video di akun Instagram miliknya. Bezos menyatakan  akan naik penerbangan sub-orbital pada 20 Juli 2021 bersama saudaranya, Mark Bezos.

“Sejak saya berusia lima tahun, saya telah bermimpi bepergian ke luar angkasa. Pada tanggal 20 Juli, saya akan melakukan perjalanan itu dengan saudara saya. Petualangan terbesar, dengan sahabatku,” ujarnya.

Bezos, pemilik kekayaan bersih sekitar $186 miliar, akan membawa dua pemenang lelang misteri bersamanya dalam penerbangan luar angkasa.

Sebelumnya, Blue Origin menjual kursi pertama pada pelayaran perdananya seharga $28 juta. Perusahaan tidak mengungkapkan nama pemenang lelang. Sekitar 7.600 orang telah mendaftar untuk menawar kursi luar angkasa dari 159 negara, sesuai pernyataan dari Blue Origin. Hasil lelang disumbangkan ke Yayasan Pendidikan STEM Blue Origin untuk masa depan.

Penerbangan luar angkasa Blue Origin akan naik dari gurun di Texas Barat. Sebuah roket otonom akan mendorong empat penumpang di atas garis yang mendefinisikan batas antara umi dan luar angkasa.

 

Head to Head, Elon Musk versus Richadr Branson

(Elon Musk disebut lebih awal)

Perusahaan

Tesla Motors, SpaceX,
and Solar City

Virgin Group, including Virgin Atlantic, Virgin Mobile & Virgin Galactic

Kekayaan Bersih

$7.7 Miliar

$4.8 Miliar

Penghasilan Utama

PayPal

Virgin Records

Rencana Perjalanan di Bumi

Ingin menciptakan Hyperloop, sistem tabung yang memungkinkan penumpang melakukan perjalanan mendekati kecepatan suara, dari San Francisco ke LA dalam 30 menit.

Berharap menyempurnakan 'pesawat roket' untuk mengangkut orang antarkota di Bumi melalui ruang angkasa. Suatu hari, dia memperkirakan perjalanan dari New York ke Sydney memakan waktu 30 menit.

Cameo di Film Super Hero

Ironman II

Superman Returns

Cara Mencapai Ruang Angkasa

Musk sedang mengerjakan proyek Falcon Heavy, yang akan menjadi roket paling kuat di dunia ketika digunakan pada akhir tahun ini. Falcon Heavy bisa mengangkut orang ke Mars, ke bulan atau bahkan ke asteroid.

Virgin Galactic sedang mengembangkan pesawat roket yang diharapkan Branson dapat mengantar ke era pariwisata luar angkasa. Penumpang akan mendapatkan 6 menit tanpa bobot dengan biaya perjalanan $250,0000.

Quotes

"Kegagalan adalah sebuah opsi. Jika segala sesuatunya tidak gagal, Anda tidak akan menghasilkan inovasi yang memadai."

"Jika ingin mengetahui kehidupan dan dunia di sekitar Anda, maka luar angkasa adalah petualangan pamungkas."

Donasi Khas

Menyumbangkan $10 juta ke Future of Life Institute, yang didedikasikan untuk menjaga A.I. (seperti robot pembunuh) dalam pengawasan.

Mendukung Swan Lifeline, sebuah badan amal untuk menyelamatkan angsa di dan sekitar Berkshire, Inggris.

Rencana Liburan Ekstrem

Melakukan perjalanan mobil lintas negara dengan lima anaknya, menempuh rute 3.600 mil antara stasiun pengisian Tesla.

Menjadi orang pertama yang menerbangkan balon di atas Gunung Everest 'sepenuhnya karena kesalahan', saat ia mencoba membuatnya keliling dunia. (John Andhi Oktaveri, Jessica Gabriela Soehandoko, Ni Luh Anggela, Sartika Nuralifah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.