Luputnya Sasaran Angka Pertumbuhan

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan bakal sedikit meleset dari target yang sudah ditentukan.

Tegar Arief Fadly

31 Jan 2024 - 14.38
A-
A+
 Luputnya Sasaran Angka Pertumbuhan

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah akhirnya menyerah. Sekuat apapun optimisme untuk membawa ekonomi terbang sesuai target sepanjang 2023 \ntak cukup mampu melawan efek ketidakpastian global yang berimpak cukup besar. Efeknya, taget produk domestik \nbruto pun meleset.

Kemarin, Selasa (30/1), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada tahun lalu kemungkinan besar hanya mampu bertengger di level 5% (year-on-year/YoY).

Jelas angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan angka sasaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 maupun batas atas proyeksi Bank Indonesia (BI) yakni sebesar 5,3%.

Pemerintah pun seolah menyerah pada proyeksi sederet lembaga internasional yang memang sedari awal memasang target pertumbuhan PDB di dalam negeri hanya sebesar 5% pada tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Luputnya Sasaran Angka Pertumbuhan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.