Macan Kertas Aturan Harga Ayam dan Karkas

Industri peternakan ayam yang dikuasai oleh segelintir perusahaan besar membuat usaha perunggasan rakyat seringkali terjepit antara biaya input yang tinggi dan harga hasil budidaya yang rendah. Campur tangan pemerintah melalui aturan harga acuan tak cukup membantu.

Fatkhul Maskur

10 Jan 2023 - 19.18
A-
A+
Macan Kertas Aturan Harga Ayam dan Karkas

Peternakan unggas. Ayam dari Jawa Barat membanjiri pasar Jabodetabek.- Foto disnak.jabarprov.go.id

Bisnis, JAKARTA – Industri peternakan ayam yang dikuasai oleh segelintir perusahaan besar membuat usaha perunggasan rakyat seringkali terjepit antara biaya input yang tinggi dan harga hasil budidaya yang rendah. Campur tangan pemerintah melalui aturan harga acuan tak cukup membantu.

Cerita nestapa pelaku peternakan rakyat bukanlah hal baru. Problem perunggasan rakyak menyeruak tak lama setelah ditandatanganinya Letter of Intent antara Indonesia dan IMF, 31 Oktober 1997. Berbagai kebijakan pembinaan dan perlindungan usaha perunggasan rakyat di tengah arus investasi asing itu dihapus.

Industri perunggasan rakyat sejatinya mulai berkembang pada 1950-an. Pada 1970-an, peternakan unggas rakyat berkembang secara intensif. Untuk mengantisipasi investasi asing, pemerintah pada 1981 melakukan pembatasan, yang mana  ayam pedaging produksi dibatasi maksimum 750 ekor per pekan, sedangkan ayam petelur dibatasi memelihara maksimum 5.000 ekor.

Pada 1990, pemerintah menerbitkan Keputusan Presiden No. 22 tahun 1990 tentang Pembinaan Usaha Peternakan Ayam Ras, yang mana salah satu isinya adalah bahwa investasi skala besar diwajibkan mengekspor 65% dari produksinya agar tidak terjadi konflik di pasar tradisional dengan peternak kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.