Magnet Kuat Nikel Indonesia, Kalla Hingga POSCO Bangun Smelter

Indonesia akhirnya menjadi magnet yang sangat kuat bagi para investor lokal dan mancanegara yang ingin mengamankan nikel sebagai bahan baku utama untuk pembuatan baterai kendaraan listrik.

Ibeth Nurbaiti

21 Mei 2023 - 19.40
A-
A+
Magnet Kuat Nikel Indonesia, Kalla Hingga POSCO Bangun Smelter

Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTM) Tbk., di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA — Keinginan kuat pemerintah untuk keluar dari jeratan 'ekspor paksa' bijih nikel dengan menggencarkan pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan komoditas mineral tersebut di dalam negeri mulai membuahkan hasil.

Satu per satu perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri makin agresif mengembangkan investasinya di sektor penghiliran nikel Tanah Air. Dengan cadangan nikel yang melimpah bahkan terbesar di dunia, Indonesia kini menjadi buruan investor yang ingin mendapatkan komoditas mineral tersebut.

Baca juga: Menepis 'Tudingan' AS soal Dominasi China di Proyek 'Hijau' RI

Terlebih, tekad pemerintah untuk terus menguatkan ekosistem penghiliran nikel di dalam negeri demi mengerek perekonomian nasional lewat kebijakan larangan ekspor tak sedikitpun tergoyahkan oleh berbagai tantangan yang masih mengadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.