Makan Siang Gratis Prabowo Mulai Disimulasi Airlangga

Rencananya, pemerintah memulai simulasi program makan siang untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Annasa Rizki Kamalina

29 Feb 2024 - 18.21
A-
A+
Makan Siang Gratis Prabowo Mulai Disimulasi Airlangga

Simulasi program makan siang gratis Prabowo./ANTARA

Bisnis, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaksanakan pilot project makan siang gratis bagi anak sekolah mulai hari ini, Kamis (29/2/2024).

Rencananya, pemerintah memulai simulasi program makan siang untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

“Simulasi Makan Siang Gratis untuk Siswa SD dan SMP… di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang,” sebagaimana tertulis dalam undangan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 

Adapun, Airlangga sebelumnya telah menyebutkan bahwa program ini masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. 

Rencananya, makan siang gratis, di luar susu, akan ditetapkan dengan anggaran sebesar Rp15.000 per anak.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut menyampaikan bahwa budget makan siang Rp15.000 per anak telah diperhitungkan berdasarkan pilot project yang telah dilakukan sebelumnya. 

“Kita kan sudah membuat pilot project, nanti kita lihat lagi,” kata Airlangga yang juga merupakan Ketua Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran saat ditemui di kantornya, Selasa (27/2/2024).

Airlangga sebelumnya telah menyebutkan calon penerima makan siang gratis sejumlah 70,5 juta anak dari Balita hingga SMP, namun belum termasuk ibu hamil serta anak SMA. 

Secara perinci, dari 70,5 juta tersebut terdiri dari 22,3 juta balita, 7,7 juta siswa taman kanan-kanak (TK), sebanyak 28 juta siswa SD, serta 12,5 juta SMP yang akan masuk dalam program ini.

Berdasarkan perhitungan Bisnis, dengan mengalikan total penerima dengan bujet Rp15.000 per anak, artinya kebutuhan untuk makan siang gratis per harinya mencapai Rp1,06 triliun. 

Dengan asumsi pemberian makan gratis sebanyak 20 kali dalam satu bulan, artinya pemerintah perlu menyiapkan anggaran sejumlah Rp21,15 triliun. 

Alhasil untuk satu tahun, Bendahara Negara perlu merogoh kocek senilai Rp253,8 triliun untuk memberikan makan siang gratis kepada 70,5 juta anak. 

Baca Juga : Indonesia Masuk Daftar Hitam Ekspor Impor Paman Sam 

Airlangga mengklaim bahwa program tersebut merupakan uji coba yang dilakukan mandiri oleh sekolah atau disebut volunteer.

Sebagaimana setiap sekolah yang membuat program seperti kantin bersih, kurangi sampah kita (kurasaki), dan sekolah bebas sampah. 

“Ini undangan [dari pemerintah daerah]. Karena ini volunteer, pemerintah membuka model siapa yang ingin membuat volunteer ini,” ujarnya.  

Airlangga menyampaikan bahwa kehadirannya ini merupakan undangan dari pemerintah daerah yang tengah melakukan uji coba makan gratis kepada anak sekolah. Adapun, anggaran untuk uji coba ini berasal dari pemerintah daerah setempat. 

“Anggaran dari dinas, nggak masuk APBN, ini dari pak bupati, namanya volunteer. Siapa yang mau mencoba program ini duluan,” tuturnya.

Baca Juga : Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Bisa Telan Rp1,06 triliun Per Hari 

Petugas kantin tengah menyiapkan makan siang gratis bagi anak sekolah SMPN 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Berdasarkan pantauan Bisnis, pilot project ini diberlakukan untuk empat kelas di SMPN 2 Curug. Masing-masing kelas mendapatkan menu yang berbeda dengan budjet Rp15.000 per anak.  

Di mana menu pertama terdiri dari nasi, ayam goreng tepung, perkedel tahu 2 potong, sayur capcay, dan pisang.  

Menu kedua terdiri dari nasi, semur telur, tempe goreng, tumis buncis, dan pisang. Kemudian menu ketiga merupakan gado-gado yang terdiri dari lontong, tahu goreng 2 potong, telur rebus, bumbu kacang, wortel, dan pisang. 

Sementara menu keempat, yaitu somay yang terdiri dari kentang, siomay 3 potong, telur rebus, bumbu kacang, tahu kukus 2 potong, kol 2 gulung, dan pisang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.