Free

Makassar Ajukan Rp16 Miliar untuk 20 Mobil Listrik Tahun Depan

Pemerintah sudah mengajukan usulan tersebut dimasukkan ke APBD 2023 untuk dijadikan kendaraan dinas.

Jaffry Prabu Prakoso

26 Nov 2022 - 13.48
A-
A+
Makassar Ajukan Rp16 Miliar untuk 20 Mobil Listrik Tahun Depan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjajal mobil listrik KIA EV6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Kamis (11/8/2022). /BISNIS-Khadijah Shahnaz

JAKARTA – Pemerintah Kota Makassar akan menyiapkan anggaran Rp16 miliar untuk pembelian 20 unit mobil listrik pada 2023. Rencananya, mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan operasional para pimpinan pemerintahan.

"Artinya, anggaran yang dialokasikan untuk pembelian setiap unitnya sekitar Rp800 juta," ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar M Dakhlan, Jumat (25/11/2022).

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Makassar Fajrin Pagarra menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengajukan usulan tersebut dimasukkan ke APBD 2023 untuk dijadikan kendaraan dinas.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menaiki mobil listrik menuju KITB, Batang, Jateng, Rabu (08/06/2022). (Foto: BPMI Setpres - Laily Rachev)

Para pimpinan yang rencananya akan menggunakan antara lain wali kota, wakil wali kota, sekretaris daerah, dan empat unsur pimpinan DPRD Makassar.

"Selebihnya, akan digunakan sebagai kendaraan dinas OPD sesuai skala prioritas, juga tidak menutup kemungkinan randis listrik itu bisa digunakan para asisten," jelasnya.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto berharap usulan itu bisa diakomodasi. Hal ini sebagai bentuk komitmen Makassar dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar.

Baca juga: Empat Siasat BYD Setelah Menyalip Tesla

Di saat yang sama, dikatakannya, mobil dinas di Pemkot Makassar sudah banyak yang berusia tua dan beberapa sudah tidak bisa dipakai. Makanya, usulan ini juga sebagai upaya dalam peremajaan kendaraan operasional pejabat.

"Memang mobil kita banyak yang sudah mulai tua, karena terkendala pengadaan. Ada yang tiga tahun, lima tahun, dan ada sudah tidak bisa dipakai. Jadi sekalian saja," imbuhnya.

Sejalan dengan Arahan Pusat

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong seluruh instansi pemerintahan pusat hingga daerah untuk menggunakan kendaraan listrik.

Budi Karya berharap agar nantinya pemerintah bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam adopsi kendaraan listrik.

Apalagi saat ini sudah ada Instruksi Presiden No.7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Instansi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Baca juga: Mazda Targetkan Seluruh Model Bertenaga Listrik 2030

"Inpres No.7 ini perlu ditindaklanjuti oleh Kementerian/Lembaga dan juga Pemda, sesuai dengan kewenangannya untuk melakukan langkah-langkah kongkrit dan strategis untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di instansinya masing-masing," kata Budi pada webinar "Upaya Percepatan Penerapan Kebijakan Kendaraan Listrik", Kamis (6/10/2022).

Budi menyebut bahw aupaya percepatan penggunaan kendaraan listrik tidak hanya didorong dengan Inpres, melainkan juga dengan pembuatan kebijakan peta jalan (roadmap) Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau KBLBB.

BCA (BBCA) mendirikan satu SPKLU di BSD. /Bisnis-Rika Anggraeni

"Kebijakan roadmap KBLBB, baik untuk kendaraan operasional pemerintah dan angkutan jalan telah ditetapkan dari tahun 2021 sampai 2030, yang dikoordinatori oleh Kemenkomarves," jelas Budi Karya.

Setidaknya, tambah Budi, ada tiga hal utama yang harus dilakukan untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Semuanya adalah pembuatan baterai dengan kualitas yang baik, pembuatan tempat pengisian daya atau penggantian baterai yang lebih banyak, dan peningkatan kualitas produk kendaraan listrik dalam negeri agar harganya semakin ekonomis namun kualitasnya bagus. (Nugroho Nafika Kassa dan Dany Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.