Makin Gurih Investasi Bisnis Perhotelan di Tengah Pemulihan

Bisnis perhotelan menjadi subsektor properti yang mengalami pemulihan cepat selepas pandemi Covid-19. Okupansi dan tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia perlahan seperti kondisi sebelum pandemi. Hal ini yang membuat investor melirik investasi perhotelan di Tanah Air

Yanita Petriella

25 Jul 2023 - 19.32
A-
A+
Makin Gurih Investasi Bisnis Perhotelan di Tengah Pemulihan

Ayana Hotel Labuan Bajoayanahotel. /istimewa.

Bisnis, JAKARTA – Sektor perhotelan Tanah Air rupanya masih menarik di mata investor. Investasi sektor perhotelan diproyeksikan melejit di tahun ini. Hal ini seiring pemulihan sektor perhotelan usai diterpa pandemi Covid-19. 

Berdasarkan data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada semester I tahun 2023, total realisasi investasi di Indonesia mencapai Rp678,7 triliun. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp18 triliun di antaranya berasal dari raihan investasi sektor hotel dan restoran. Total realisasi investasi sektor hotel dan restoran itu berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). 

Untuk investasi PMDN, sektor hotel dan restoran meraup Rp11,01 triliun dari 9.224 proyek yang menempati urutan 12 dari total peringkat realisasi investasi PMDN berdasarkan sektor di Indonesia. Adapun untuk peringkat pertama yang menyumbang raihan investasi PMDN terbanyak yakni sektor pertambangan dengan Rp39,3 triliun. 

Kemudian terkait investasi PMA, capaian investasi sektor hotel dan restoran sebesar US$507,3 juta atau setara Rp7,5 triliun dari 4.598 proyek. Realisasi itu membuatnya menempati urutan 13 dari total peringkat realisasi investasi PMA berdasarkan sektor di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Makin Gurih Investasi Bisnis Perhotelan di Tengah Pemulihan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.