Malam Tahun Baru 2022, Jalur Puncak-Cipanas Ditutup Pukul 20.00

Di kawasan Puncak, Polres Cianjur, Jawa Barat, akan menutup jalur Puncak-Cipanas. Sebelumnya, lima Polres di kawasan Puncak Raya sudah berembug terkait pengetatan di kawasan Puncak.

Nancy Junita & Saeno

15 Des 2021 - 20.32
A-
A+
Malam Tahun Baru 2022, Jalur Puncak-Cipanas Ditutup Pukul 20.00

Sejumlah kendaraan melintas dekat Masjid Atta'awun di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021). Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten Bogor bakal mengawasi lebih ketat wisatawan ke kawasan Puncak guna meminimalisasi penyebaran Covid-19. Untuk mengendalikan mobilitas dan keramaian, kepolisian berencana mendirikan 25 titik pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 di kawasan Puncak Raya./Bisnis-Rachman

Bisnis, CIANJUR - Pengetatan pengamanan akan dilakukan aparat pada malam pergantian tahun dari 2021 ke 2022. Di kawasan Puncak, Polres Cianjur, Jawa Barat, akan menutup jalur Puncak-Cipanas. Sebelumnya, lima Polres di kawasan Puncak Raya sudah berembug terkait pengetatan di kawasan Puncak.

Penutupan jalur Puncak-Cipanas dimaksudkan untuk menekan mobilitas warga setempat maupun dari luar Cianjur yang hendak menghabiskan malam pergantian tahun di jalur itu.

Kepala Polres Cianjur AKBP Doni Hermawan, Rabu (15/12/2021), mengatakan tepat pukul 20.00 WIB, jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas ditutup hingga pukul 01.00 WIB. Hal itu dimaksudkan sebagai antisipasi jika terjadi macet total.

Pada malam tahun baru juga diberlakukan peraturan ganjil genap.

"Sebelum ditutup, kita masih memperbolehkan kendaraan dengan nopol genap untuk melintas. Namun setelah pukul 20.00 WIB, jalur menuju Puncak-Cipanas dari berbagai arah mulai dari Cianjur, akan ditutup, baik untuk kendaraan bernopol Cianjur atau luar kota," katanya.

Menjelang malam pergantian tahun, polisi tetap memberlakukan sistem ganjil-genap bagi kendaraan dari luar kota dan diberlakukan pemeriksaan secara acak. Bagi pengendara yang tidak dilengkapi surat keterangan vaksin atau barcode yang diunduh melalui aplikasi PeduliLindungi, akan diputarbalikkan.

Pos Pemeriksaan

Empat pos pemeriksaan akan didirikan di perbatasan Cianjur dengan Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, dan Kabupaten Bogor, tepatnya di kawasan Jonggol. Petugas di posko akan memeriksa secara ketat pengendara dan pengikut di kendaraan dari luar kota.

"Kami berupaya maksimal agar mobilitas warga tetap dibatasi, sebagai upaya antisipasi kembali mencuatnya kasus Covid-19. Kami juga berharap pendatang dari luar kota, tetap mematuhi aturan dan melengkapi diri dengan surat keterangan sudah divaksinasi," kata Doni seperti dikutip Antara.

Polisi juga mengimbau warga agar tidak merayakan pergantian tahun secara berlebihan dan terlibat dalam kerumunan. Langkah itu diperlukan sebagai upaya menjaga kesehatan diri, keluarga dan warga sekitar. Warga juga diminta tetap menggunakan alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah.

Pengetatan di Puncak Raya

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 lima kepolisian resor atau polres sekitar Puncak Bogor, yang dikenal dengan sebutan Puncak Raya berkumpul membahas pengetatan pengamanan.

Mereka menyusun rekomendasi pengaturan di kawasan tersebut kepada Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat. 

"Besok lima kapolres Puncak Raya akan rapat di Simpang Gadok," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Susatyo kepada Antara di Bogor, Rabu (8/12/2021).

Susatyo menyebutkan lima kapolres tersebut ialah dirinya bersama Kapolres Bogor AKBP Harun, Kapolres Cianjur AKPB Doni Hermawan, Kapolres Sukabumi Kota Zainal Abidin, Kapolres Sukabumi Kabupaten Dedy Darmawansyah.

Mereka membahas kemungkinan titik-titik lokasi pemberlakuan ganjil genap pelat nomor kendaraan di lima daerah sekitar Puncak Bogor itu.

Menurut Susatyo, Satgas Covid-19 yang diwakilinya dalam pertemuan lima kapolres itu akan tetap menyampaikan program gerebek vaksin.

"Ganjil genap besok dibahas titiknya, Gerebek vaksin masih terus dilaksanakan," ujarnya.

Masyarakat diimbau tetap menjauhi kerumunan, berkesadaran mengikuti vaksinasi, dan mewaspada penyebaran Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.