Manakala Peluh Terbayar Geruh di Hamparan Sawit

Pengelolaan perkebunan sawit di Indonesia didominasi oleh swasta. Di industri ini, rekrutmen tenaga kerja dengan skema buruh harian lepas begitu jamak. Praktik ini menyisakan sederet sengkarut rumit yang menyangkut perselisihan hubungan industrial. Seperti apa gambaran pasar kerja di industri sawit?

Wike D. Herlinda & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

1 Feb 2022 - 13.30
A-
A+
Manakala Peluh Terbayar Geruh di Hamparan Sawit

Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA — Alkisah, Murliana adalah seorang perempuan asal Kabupaten Landak, Kalimantan Barat yang pernah bekerja sebagai buruh harian lepas di perkebunan sawit milik salah satu kelompok usaha konglomerat di Tanah Air.

Nahas, medio 2021, di tengah amuk pandemi Covid-19 varian Delta; dia menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh manajemen PT BMP Hartono Plantations Indonesia atau HPI Agro. 

Sudah jatuh tertimpa tangga, setelah dipecat dari pekerjaannya, Murliana diberondong sederet kasus perselisihan hubungan industrial (PHI) melawan korporasi perkebunan sawit sokongan Grup Djarum itu. Semua demi memperjuangkan hak pesangonnya senilai Rp41,5 juta. 

(BACA JUGA: Komplikasi Akut Utak-atik Kebijakan Minyak Goreng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Manakala Peluh Terbayar Geruh di Hamparan Sawit

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.