Manis Gula di Musim Giling, Sejauh Mana Dampaknya?

Melonjaknya nilai jual pupuk nonsubsidi hingga 100 persen sejak awal 2022 membuat petani termasuk pada tanaman tebu menjadi tertekan. Tekanan kian terasa saat harga bahan bakar ketika harga bahan bakar minyak (BBM) ikut merangkak naik.

Rayful Mudassir

3 Jul 2023 - 21.15
A-
A+
Manis Gula di Musim Giling, Sejauh Mana Dampaknya?

Truk mengangkut para pekerja serta tebu hasil panen di perkebunan tebu milik PT Pabrik Gula (PG) Rajawali II, Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Panen tebu pada musim giling tahun ini akan terasa berbeda bagi pekebun. Tekanan biaya produksi sejak tahun lalu agaknya dapat ditangani seiring peningkatan harga gula kristal putih di tingkat petani.

Sejak perang pecah antara Rusia dan Ukraina, distribusi energi terutama gas dari Rusia mulai tersendat. Komoditas ini menjadi bahan bakar utama industri memproduksi pupuk. Mudah ditebak ketika kondisi ini berdampak pada kenaikan harga pupuk.

Melonjaknya nilai jual pupuk nonsubsidi hingga 100 persen sejak awal 2022 membuat petani termasuk pada tanaman tebu menjadi tertekan. Tekanan kian terasa saat harga bahan bakar ketika harga bahan bakar minyak (BBM) ikut merangkak naik.

Situasi ini mendorong Badan Pangan Nasional menerbitkan Surat Edaran (SE) Badan Pangan Nasional Nomor 159/TS.02.02/K/6/2023 tentang Harga Pembelian Gula Kristal Putih (GKP) di Tingkat Petani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Manis Gula di Musim Giling, Sejauh Mana Dampaknya?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.