Manisnya Harga Gula Terasa Pahit bagi Petani Tebu

Kenaikan harga jual gula di pasaran saat ini hanya menguntungkan pedagang sedangkan petani tebu tidak ikut menikmati karena terjadi bukan saat musim giling.

Rustam Agus

17 Mar 2022 - 15.00
A-
A+
Manisnya Harga Gula Terasa Pahit bagi Petani Tebu

Produk gula di pasar swalayan / Antara

Bisnis, JAKARTA – Seiring naiknya harga sejumlah komoditas pokok pangan termasuk gula tentu dirasakan berat bagi masyarakat luas. Situasi ini masih bisa ditermia jika kenaikan harga gula bisa ikut dinikmati kalangan petani tebu.

Faktanya para petani justru gigit jari menyaksikan harga gula yang ikut naik menari-nari bersama komoditas pokok lainnya belakangan ini, terlebih menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 2022. 

Di sejumlah daerah harga gula memang terus bergerak naik. Saat ini rata-rata harga gula di berbagai daerah baik di Jawa, Sumatra dan Sulawesi berkisar antara Rp13.000 hingga Rp14.000 per kilogram dan diperkirakan masih akan bergerak seiring mendekatnya momen bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menegaskan kenaikan harga jual gula di pasaran saat ini hanya menguntungkan pedagang, sedangkan petani tebu tidak ikut menikmati karena terjadi bukan saat musim giling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.