Manuver Bjorka, Bukti Perlindungan Data Publik Masih Nihil

Serangan tak berujung peretas menunjukkan bahwa upaya perlindungan data publik masih minim. Pemerintah juga seolah lepas tangan menangani perkara ini.

Rayful Mudassir

12 Sep 2022 - 15.52
A-
A+
Manuver Bjorka, Bukti Perlindungan Data Publik Masih Nihil

Bisnis, JAKARTA - Aksi peretas yang menggunakan nama Bjorka sepekan terakhir cukup mencengangkan. Selain membocorkan sederet data masyarakat, para pejabat Negara termasuk Presiden Joko Widodo turut menjadi sasaran. Ini merupakan bukti bahwa perlindungan data publik masih sekadar isapan jempol belaka. 

Nama samaran peretas ini terus mendengung setidaknya sejak Agustus hingga kini. Manuver yang dilakukannya memang menyita perhatian publik. Catatan Bisnis menunjukkan bahwa sedikitnya delapan aksi pembocoran data dilakukan dalam dua bulan terakhir. 

Dimulai dengan bocornya 17 juta data pelanggan PT PLN (Persero). Dilanjutkan dengan tersebarnya 26 juta data pelanggan layanan internet IndiHome, 1,3 miliar data SIM Card hingga bobolnya 100 juta data kependudukan yang disimpan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Tidak sampai di situ, data pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Ma’ruf Amin, Menkominfo Johnny G Plate, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani ikut dibobol dan dijual. Dari sini terlihat bahwa bukan hanya data pribadi masyarakat yang dapat diretas, informasi penting pejabat publik juga cukup mudah dihack. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Manuver Bjorka, Bukti Perlindungan Data Publik Masih Nihil

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.