Free

Manuver Chery Pacu Penjualan Mobil Listrik Omoda E5

Omoda E5, SUV crossover ini dibekali listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer. Ia bersaing dengan model yang terlebih dulu masuk pasar, seperti Hyundai Ioniq 5 dan MG 4 EV.

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

2 Jun 2024 - 14.57
A-
A+
Manuver Chery Pacu Penjualan Mobil Listrik Omoda E5

Chery Omoda E5 resmi masuk lini produksi PT Handal Indonesia Motor awal Desember 2023. - Foto HIM

Bisnis, JAKARTA — Chery Indonesia berupaya memacu penjualan Omoda E5, setelah model tersebut menyerukan ke peringkat kedua mobil listrik terlaris sepanjang kuartal pertama 2024.

Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia (CSI) Rifkie Setiawan mengatakan Chery berupaya mendengarkan masukan konsumen agar dapat mengembangkan produk sesuai tren dan kebutuhan mereka.

"Kami menambahkan varian baru dengan warna interior yang sepenuhnya hitam atau all black, dan sekaligus memperkenalkan penggunaan aplikasi Car Link O," ujar Rifkie Setiawan di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Ia mengatakan interior all black pada Chery Omoda E5 adalah wujud masukan dari konsumen.

Omoda E5 adalah mobil listrik pertama Chery untuk pasar global. Chery Omoda E5 pertama kali diperkenalkan di Indonesia melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10 Agustus.

Berbekal pemesanan sepanjang pameran, Chery mulai mengirimkan modelnya pada Februari 2024. Chery Omoda E5 dipasarkan seharga mulai Rp498,8 juta. Selain itu, Chery juga menawarkan subsidi harga Rp10 juta untuk 4.000 pembeli pertamanya.

Untuk mengejar harga bersaing itu, Chery mengambil strategi perakitan lokal di fasilitas PT Handal Motor Indonesia. Sampai dengan akhir Maret 2024, wholesales Chery Omoda E5 mencapai 881 unit, terbanyak setelah Wuling Binguo yang mencapai 3.121 unit.

Omoda E5, SUV crossover ini dibekali listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer. Ia bersaing dengan model yang terlebih dulu masuk pasar, seperti Hyundai Ioniq 5 dan MG 4 EV yang dipasarkan seharga di atas Rp600 juta.

Baca juga:

Diproduksi Lokal, Chery Omoda E5 Saingi Hyundai Ioniq 5

Selain itu, Chery juga sudah ditopang oleh jaringan penjualan sebanyak 60 jaringan dealer di Jakarta, Medan, Batam, Riau, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Pontianak.

Dari total dealer, 17 di antaranya sudah mendukung layanan 3S (sales, service, spare parts) untuk mobil listrik.

Tidak berhenti sampai di sana, Chery juga akan segera menghadirkan sebanyak 20 jaringan dealer mobil listrik berikutnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan pembelian, maupun perawatan Omoda E5.

Sekitar 60% dari 20 jaringan dealer mobil listrik tersebut masih berkutat di wilayah Jabodetabek, sedangkan sisanya berada di kota-kota besar lainnya. “Memang secara infrastruktur kota yang sudah bagus untuk mobil listrik ada di kota-kota besar, seperti Medan, Surabaya, dan Makassar,” tuturnya.

Di kota-kota besar inilah Chery akan bermanuver. Strategi yang dimainkan tampaknya tidak terlepas dari strategi marketing mix, yang mencakup produk inovatif, harga kompetitif, distribusi lancar, dan promosi gencar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.