Manuver Indonesia - Malaysia Goyang Keputusan Eropa

Indonesia dan Malaysia masih menanti adanya kebijakan baru dari Uni Eropa seiring dengan protes yang disampaikan langsung kedua negara ke Komisi Uni Eropa di Brussels, Belgia akhir bulan lalu. UE menanggapi pertemuan itu dengan menjanjikan kunjungan langsung ke kedua negara.

Rayful Mudassir

7 Jun 2023 - 20.20
A-
A+
Manuver Indonesia - Malaysia Goyang Keputusan Eropa

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Tiga pekan sudah Undang-Undang Anti-Deforestasi atau EU Deforestation Regulation berjalan. Meski begitu, Indonesia dan Malaysia masih berharap kabar baik dari Komisi Eropa sepulang dari Brussels, Belgia.

Jauh sebelum aturan ini berlaku pada 16 Mei 2023, Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup getol menolaknya. Betapa tidak, EUDR memberi kekhawatiran pada terhambatnya ekspor produk utama RI ke Eropa. 

Kebijakan ini mengharuskan komoditas pertanian yang masuk ke kawasan tersebut terbebas dari lahan deforestasi. Maksudnya, tiap komoditas ekspor tidak berasal dari lahan hasil penggundulan hutan. Rencananya, UU Anti-Deforestasi ini berlaku paten pada Desember 2023.

Langkah Benua Biru tersebut menyasar sejumlah komoditas ekspor utama asal Tanah Air seperti minyak kelapa sawit, kedelai, dan kayu. Termasuk pula kakao, daging sapi, karet, kulit, coklat, furnitur, arang hingga produk kertas cetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Manuver Indonesia - Malaysia Goyang Keputusan Eropa

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.