Manuver Industri Farmasi Mengelak dari Krisis BBO dari China

Belajar dari kasus kemacetan rantai pasok bahan baku obat atau BBO akibat lockdown China sebelumnya, industri farmasi di dalam negeri pun telah mengantisipasi dengan menerapkan manajemen pasokan dan inventaris.

Wike D. Herlinda

6 Apr 2022 - 19.30
A-
A+
Manuver Industri Farmasi Mengelak dari Krisis BBO dari China

Pedagang obat melayani pembeli di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Rantai pasok untuk bahan baku obat di Indonesia tengah terancam akibat perluasan kebijakan karantina wilayah atau lockdown akibat lonjakan kasus Covid-19 di China, yang merupakan penyuplai utama kebutuhan untuk industri farmasi nasional. 

Untuk diketahui, sebanyak 90 persen bahan baku obat (BBO) bagi industri farmasi Tanah Air masih didatangkan dari impor, yang sebagian besar bersumber dari China dan India.

Belajar dari  kasus kemacetan rantai pasok sebelumnya, industri farmasi di dalam negeri pun telah mengantisipasi dengan menerapkan manajemen pasokan dan inventaris.

Presiden Direktur PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) Pamian Siregar mengatakan kemacetan rantai pasok selama masa pandemi terjadi dua kali, yakni pada 2020 ketika lockdown ketat diberlakukan di China, menyusul kemudian India dengan lonjakan kasusnya yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Manuver Industri Farmasi Mengelak dari Krisis BBO dari China

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.