Masalah Pendanaan & Tenaga Kerja Melilit Otomatisasi Pergudangan

Otomatisasi pergudangan atau real estat logistik semakin mendesak di tengah melaju cepatnya permintaan terhadap subsektor properti alternatif tersebut.

M. Syahran W. Lubis

21 Mei 2022 - 12.40
A-
A+
Masalah Pendanaan & Tenaga Kerja Melilit Otomatisasi Pergudangan

Ilustrasi pergudangan atau real estat logistiki./JLL

Bisnis, JAKARTA – Maraknya belanja online mendorong operator pergudangan atau real estat logistik menuju tingkat otomatisasi yang lebih besar selama satu dekade terakhir.

Itu merupakan langkah yang bertujuan mengatasi meningkatnya kebutuhan akan kecepatan, di samping memang terjadi kondisi kekurangan tenaga kerja yang berlangsung secara terus-menerus di sejumlah negara.

Akan tetapi, kenyataannya sekitar 80% pergudangan belum mampu memenuhi kriteria otomatisasi. Jadi, apa sebanarnya batu sandungannya dan siapa yang layak mendanai investasi signifikan yang dibutuhkan dalam robotika gudang transformatif?

Menurut Ashley Smart, Kepala Layanan Penghuni di JLL (Jones Lang LaSalle) Inggris, hal tersebut menjadi pertanyaan kunci pada saat ini, karena subsektor real estat logistik terlihat untuk terus berkembang dan mengikuti permintaan konsumen yang meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Masalah Pendanaan & Tenaga Kerja Melilit Otomatisasi Pergudangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.