Masalah Utama Harga Pangan Selalu Naik Jelang Lebaran

Indeks Ekspektasi Harga (IEH) Bank Indonesia menyebut, ekspektasi harga barang pada Maret 2024 diproyeksi naik sebesar 137,4% dibanding bulan sebelumnya sebesar 129,3%.

Ni Luh Anggela

28 Mar 2024 - 13.06
A-
A+
Masalah Utama Harga Pangan Selalu Naik Jelang Lebaran

Pedagang sedang menyortir kualitas bawang merah. Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis, JAKARTA – Hampir setiap harga kebutuhan pokok melonjak menjelang Lebaran. Padahal, pemerintah sudah menjaga agar stok pangan selalu terjaga. Nyatanya, upaya tersebut tak juga berhasil dan terus berulang.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan bahwa harga pangan yang selalu melonjak, termasuk pada Lebaran tahun ini lebih dipengaruhi oleh faktor psikologis.

“Setiap awal puasa atau Lebaran memang terjadi kenaikan yang dipicu oleh adanya psikologis,” kata Isy dalam diskusi publik bertajuk Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Pangan Jelang dan Pasca Lebaran 2024, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Mengintip Tren dan Tantangan Dunia Kerja di 2024

Mengutip data Indeks Ekspektasi Harga (IEH) Bank Indonesia, Isy menjelaskan bahwa ekspektasi harga barang pada Maret 2024 diproyeksi naik sebesar 137,4% dibanding bulan sebelumnya sebesar 129,3%.

“Jadi bukan faktor ketersediaan, tapi karena ekspektasi peningkatan terhadap barang pangan,” ungkapnya.

Di saat yang sama, Kemendag melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan di berbagai kota terus melakukan pemantauan di lebih dari 600 pasar tradisional di 500 lebih kabupaten/kota.

Dari hasil pemantauan tersebut, ada sejumlah komoditas pangan yang menjadi perhatian pemerintah. Komoditas yang menjadi perhatian ini biasanya karena kenaikannya terlalu tinggi atau terkoreksi cukup dalam.



Salah satunya adalah komoditas cabai. Isy menyebut, harga cabai terkoreksi cukup dalam. Kemendag mencatat, harga cabai mencapai Rp100.000 per kilogram pada Februari 2024, sedangkan di Maret 2024 turun di kisaran Rp35.000—Rp52.000 per kilogram.

Komoditas lainnya yang menjadi perhatian akibat naik signifikan yaitu bawang putih, telur ayam, daging ayam, hingga beras.

Baca juga: Terungkap! Ini Biang Kerok Harga Pangan Melonjak Jelang Lebaran

Kendati demikian, pemerintah memastikan bahwa stok pangan cukup untuk menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN). 

“Berdasarkan analisa tentang menghadapi HBKN ini, 1 sampai 1,5 bulan ke depan stok kita aman,” ujar Wakasatgas Pangan Polri Samsu Arifin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.