Masih Ramai IPO, Sektor Mana Layak Koleksi?

Beberapa perusahaan di sejumlah sektor dinilai memiliki momentum yang tepat untuk melakukan aksi penggalangan dana publik melalui IPO. Meski banyak perusahaan dengan IPO mini di tahun ini, peluang investasi potensial jangka panjang tetap dapat diperhitungkan, dengan pertimbangan sejumlah faktor.

Asteria Desi Kartikasari
Aug 7, 2022 - 12:48 PM
A-
A+
Masih Ramai IPO, Sektor Mana Layak Koleksi?

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (26/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Aksi initial public offering (IPO) terus belanjut pada awal Agustus 2022.  Setikdanya terdapat empat emiten baru yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai Senin (8/8/2022).  Dari isi sektor, emiten baru didominasi oleh emiten manufaktur berskala kecil hingga menengah

Adapun empat emiten baru yang dimaksud adalah PT Mora Telematika Indonesia Tbk. (MORA) dengan dana hasil IPO Rp1,03 triliun, PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. (ELPI) Rp222 miliar, PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk. (KKES) Rp31,5 miliar, dan PT Estee Gold Feet Tbk. (EURO) Rp35 miliar. 

Dengan demikian, total pencatatan saham perdana sepanjang tahun berjalan 2022 mencapai 38 emiten baru. Alhasil, total jumlah emiten menjadi 804 perusahaan.  Meskipun emiten baru yang akan listing di dominasi manufaktur, namun ada juga ada juga emiten anyar dari sektor infrastruktur telekomunikasi, jasa terkait pertambangan, dan perkebunan sawit. 

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan masih terdapat 32 calon perusahaan tercatat yang berada dalam antrean untuk mencatatkan sahamnya di BEI. Sementara itu, sampai 1 Agustus 2022, terdapat 29 perusahaan yang telah mencatatkan saham di BEI, dengan total dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp19,5  triliun.

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Masih Ramai IPO, Sektor Mana Layak Koleksi?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ