Masih Rugi, Pakuan (UANG) Suntik Modal ke Lotte Land Sawangan

Emiten properti PT Pakuan Tbk. (UANG) melakukan penambahan modal dengan senilai Rp131,04 miliar ke PT Lotte Land Sawangan (LLS).

Dewi Fadhilah Soemanagara & Afiffah Rahmah Nurdifa

24 Sep 2022 - 12.05
A-
A+
Masih Rugi, Pakuan (UANG) Suntik Modal ke Lotte Land Sawangan

Suasana Sawangan Golf milik PT Pakuan Tbk. (UANG).Istimewa

JAKARTA — Pengembang properti, PT Pakuan Tbk. (UANG) melalui anak usahanya PT Jakarta Investindo Indonesia (JII) menyuntikkan modal senilai Rp131 miliar ke PT Lotte Land Sawangan (LLS).

Manajemen Pakuan dalam keterangan resminya menyatakan bahwa penambahan modal dengan nilai nominal Rp131,04 miliar setara transaksi sebesar 11,55 persen dari total aset UANG berdasarkan laporan keuangan, yaitu senilai Rp1,13 triliun.

Lebih lanjut, UANG juga melakukan transaksi afiliasi lainnya, yaitu penjualan aset berupa tanah senilai Rp365,27 miliar yang berlokasi di Bojong Sari, Depok, Jawa Barat seluas 104.363 meter persegi kepada LLS.



Ilustrasi warga mengunjungi salah satu pusat belanja di Jakarta Barat, Sabtu (30/10/2021)./Antara



“Hubungan afiliasi antara JII dan LLS adalah JII selaku pihak yang melakukan penambahan modal dan sebagai penjual tanah merupakan salah satu pemegang saham dari LLS dengan kepemilikan 30 persen saham dalam LLS,” tulis manajemen UANG dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Jumat (23/9/2022).

Transaksi tersebut akan menambah portofolio proyek yang sesuai dengan lokasi yang strategis dengan konsep pengembangan perseroan serta sebagai sumber pendapatan.

Berdasarkan laporan keuangan terbaru, UANG masih belum mencatatkan penjualan sepeser pun sepanjang paruh pertama tahun ini.

Pada semester I/2021, UANG membukukan penjualan bersih senilai Rp6,91 miliar dan mencetak rugi tahun berjalan senilai Rp31,9 miliar.


Baca juga: Menilik Prospek Mal Mewah yang Ramai Dibangun di Sekitar Jakarta


Adapun posisi aset per Juni 2022 mencapai Rp1,13 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu senilai Rp681,83 miliar.

Dari sisi pergerakan saham, UANG masih berada di tren koreksi sejak awal 2022, turun sebesar 28,30 persen secara year-to-date (YtD) dari posisi harga Rp795 per saham.

Bursa Efek Indonesia memberikan notasi khusus bagi saham UANG, yaitu notasi E untuk ekuitas negatif, notasi S karena tidak ada penjualan berdasarkan laporan keuangan terakhir, dan notasi X yang artinya sedang dalam pemantauan khusus (special monitoring).

Luncurkan Hunian Premium di Sawangan

PT Pakuan Tbk. (UANG) bersama anak perusahaan dari Mitsubishi Corporation yaitu PT Diamond Development Indonesia baru-baru ini meluncurkan kawasan hunian premium tepi danau Lake Series di Shila at Sawangan, Depok.

Direktur PT Pakuan Tbk. Denny Asalim optimistis pembangunan proyek Lake Series dapat meningkatkan animo masyarakat yang menginginkan hunian berkelas dengan 30 fasilitas lengkap.

"Lake Series memiliki entrance gate yang didesain mewah dan terjaga keamanannya. Hunian ini kami hadirkan dengan konsep sustainable development," kata Denny, Rabu (21/9/2022).

Denny menerangkan bahwa Lake Series akan menghadirkan cluster-cluster dengan konsep Waterfront Living dengan desain kental layaknya berada di lake side villa. Area yang tersedia untuk proyek ini seluas 207.953 meter persegi dengan berbagai fasilitas modern lifestyle.

"Fasilitas-fasilitasnya akan menunjang kebutuhan gaya hidup modern yang dibangun eksklusif bagi penghuni Lake Series," ujarnya.


Baca juga: Menjamurnya Retail Non Mall Jadi Ancaman Pusat Perbelanjaan?


Lake Series terbagi menjadi dua cluster utama yaitu Lake Vista dan Laguan, kemudian dua kavling premium yaitu South Lake dan The Forest. Setiap hunian dilengkapi dengan pemandangan danau (lake view).

Selain itu, cluster Lake Vista terdiri dari tiga tipe yaitu Portico, Tudor dan Pavilion. Sementara Laguna memiliki dua tipe yaitu Veranda dan Mondrian.

"Setiap hunian di cluster ini dirancang dengan gaya arsitektur unik dan modern, menawarkan berbagai keunggulan seperti pemilihan material yang menimbulkan kesan estetik dan visual yang menarik," jelasnya. 

Shila at Sawangan adalah kawasan residensial bagian dari township Vasanta Eco Town yang berada di antara ruang terbuka hijau dan danau alami seluas 26 hektare. Tak hanya residensial, kawasan ini juga menghadirkan area komersial Senopati Boulevard yaitu shopping street sepanjang 2 km.



Lake Series di Shila at Sawangan terdiri dari dua cluster utama yaitu Lake Vista dan Laguna, serta dua kavling premium, South Lake dan The Forest. - Dok. Istimewa



Sedangkan Senopati Boulevard akan mulai beroperasi pada Januari 2023 dengan menghadirkan 15 tenant brand besar. Kawasan ini cukup strategis karena menjadi penghubung dua jalan utama yaitu Jalan Raya Bojongsari dan Jalan Raya Muchtar.

Keduanya merupakan jalan nasional dan akses penting yang dapat menghubungkan Bogor dan Tangerang. Kawasan ini juga dapat diakses melalui Tol JORR 2, Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) dan Tol Desari (Depok Antasari) via tol Sawangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.