Matahari (LPPF) Menangkis Senja Kala Pusat Perbelanjaan

Daya saing yang rendah pada produk di dalam negeri saat ini membuat jumlah pengunjung untuk berbelanja di mal menjadi kian sepi.

Dwi Rachmawati & Dionisio Damara

3 Jul 2024 - 11.33
A-
A+
Matahari (LPPF) Menangkis Senja Kala Pusat Perbelanjaan

Pengunjung melihat produk di salah satu gerai PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) di Jakarta, Selasa (2/7/2024). Hippindo membenarkan kabar ditutupnya dua gerai Matahari Departement Store di kawasan Tangerang, Banten imbas sepinya pengunjung pusat perbelanjaan. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Salah satu peritel terbesar di Indonesia, PT Matahari Department Store Tbk. kembali menutup dua unit gerai usahanya, Matahari Departement Store di kawasan Tangerang, Banten. Fenomena sepinya pusat perbelanjaan disebut-sebut menjadi salah satu penyebabnya.

Sebelumnya pada 2021 lalu, emiten ritel berkode saham LPPF itu juga telah menutup gerai secara besar-besaran hingga 13 unit gerai selama setahun. Sejumlah gerai yang ditutup itu tersebar di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Namun, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut fenomena tutup gerai di kalangan peritel menjadi hal yang umum terjadi.

Menurut dia, penutupan gerai Matahari di Tangerang murni menjadi strategi bisnis manajemen. “Itu jadi bagian dari strategi perusahaan. Kan dari tahun lalu ada pergantian manajemen, mungkin itu bagian dari rencana kerja baru,” kata Budihardjo saat dihubungi, Senin (1/7/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.