Mau Beli Rumah, Simak & Jangan Lalaikan 6 Faktor Ini

Membeli rumah tidak mudah. Sebaiknya simak dahulu sejumlah tip sebelum merealisasikan pmbelian rumah. Ini penting agar tidak muncul penyesalahan kelak.

Redaksi

2 Des 2021 - 23.56
A-
A+
Mau Beli Rumah, Simak & Jangan Lalaikan 6 Faktor Ini

Salah satu perumahan./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Rumah atau tempat tinggal yang layak merupakan salah satu kebutuhan mendasar. Namun, untuk mendapatkan rumah idaman bnisa dikatakan gampang-gampang susah.

Oleh sebab itu, sebelum membeli rumah tapak ataupun apartemen, perhatikan dahulu enam faktor utama yang layak dipertimbangkan sebagai tolok ukur untuk mencari hunian impian sebagaimana keterangan resmi Pinhome seperti dikutip Antara:

1. Lokasi

Lokasi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan. Calon pembeli harus mencermati apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi.

Pastikan juga bahwa lokasi rumah bukan menjadi langganan banjir ketika musim hujan. Lakukan riset dengan terperinci agar bisa menghindari kerugian.

2. Harga

Poin ini mungkin bisa saja subjektif. Artinya, harga akan menyesuaikan dengan kemampuan calon pembeli, tetapi calon pembeli harus mengetahui apakah harga properti tersebut sesuai dengan pasar, jangan sampai terlalu mahal.

Umumnya, ketika akan membeli properti teritma di pasar sekunder, harus diketahui dulu apakah harga yang ditawarkan wajar.

3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas privat seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen. Calon pembeli perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia, jangan sampai tertipu informasi yang disajikan di iklan.

Pastikan apakah fasilitas yang ditawarkan benar-benar ada dan berfungsi dengan baik. Namun, untuk rumah kavling, biasanya jarang ditemukan fasilitas seperti di area klaster dan townhouse.

Ilustrasi pencarian rumah idaman./Antara-Shutterstock

4. Ukuran rumah

Faktor ini dapat menjadi pertimbangan utama dalam mencari rumah idaman, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli.

Calon pembeli yang masih lajang tentu punya kebutuhan berbeda dengan calon pembeli yang sudah berkeluarga. Ini akan berdampak pada ukuran rumah yang dicari.

5. Lingkungan

Faktor ini pun menjadi poin penting yang dipertimbangkan. Misalnya, di area tersebut sering terjadi pencurian, ini akan membahayakan.

Calon pembeli bisa menanyakan ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan di area perumahan tersebut atau bertanya ke ketua RT sekitar untuk mengetahui apakah kehidupan bertetangga di area tersebut aman dan harmonis.

6. Transportasi

Akses transportasi pun tak kalah penting. Akses untuk bepergian menjadi faktor esensial bagi semua orang.

Ketika sedang tidak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi, transportasi publik menjadi pilihan utama. Untuk itu, penting untuk mengetahui apakah rumah yang hendak dibeli dekat dengan akses transportasi dan jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.