Mau Menyewa Rumah, Jangan Abaikan 5 Hal Ini

Menyewa rumah merupakan hal lumrah di tengah harga hunian yang berlari kencang. Agar nyaman dalam proses menyewa rumah, sebaiknya perhatikan sejumlah hal.

M. Syahran W. Lubis

8 Nov 2021 - 20.57
A-
A+
Mau Menyewa Rumah, Jangan Abaikan 5 Hal Ini

Ilustrasi perumahan./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pilihan untuk menyewa rumah sangat mungkin terjadi pada setiap orang. Biasanya hal itu dilakukan karena dana yang belum mencukupi. Masalahnya, kenaikan harga properti terlalu cepat dibandingkan dengan kenaikan gaji seorang karyawan.

Nah, agar menyewa hunian berjalan lancar, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips sewa rumah, sebagaimana diungkapkan laman resmi Rumah.com, bagian dari PropertyGuru, perusahaan teknologi properti yang berbasis di Singapura dan beroperasi di sejumlah negara Asia terutama di Asia Tenggara.

1. Minta bantuan broker properti

Tips sewa hunian yang pertama adalah Anda bisa saja menemukan hunian sewa dari situs jual beli properti seperti Rumah.com. Tapi, kalau Anda masih buta mengenai lokasi yang bagus dan mudah menjangkau fasilitas lengkap, Anda mungkin butuh bantuan broker properti.

2. Jaga hubungan baik dengan pemilik rumah

Menjaga hubungan baik dengan pemilik rumah merupakan tips sewa hunian selanjutnya. Hubungan yang baik dan saling menghormati dapat membuat Anda lebih nyaman tinggal selama menyewa.

Mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik rumah merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga hubungan baik. Dengan tips sewa hunian, pemilik rumah mungkin akan merespon dengan cepat apabila terjadi kendala pada hunian sewaan Anda.

3. Foto Rumah saat masa sewa selesai dan ingin pindah

Tips sewa hunian yang ketiga adalah dengan mendokumentasikan rumah saat masa sewa telah habis. Hal ini merupakan bukti kepada pemilik rumah bahwa properti yang Anda gunakan terawat dengan baik, tanpa ada kerusakan.

4. Bayar sewa rumah tepat waktu

Membayar sewa rumah tepat waktu merupakan kewajiban Anda sebagai pihak penyewa. Tips sewa hunian ini juga dapat membantu Anda menjaga hubungan dengan pemilik rumah. Membayar sewa dapat dilakukan secara cash atau transfer. Pastikan Anda mendapatkan nota pembayaran apabila dilakukan secara tunai.

5. Hubungi pemilik rumah jika memerlukan perbaikan

Tips sewa hunian selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada rumah sewaan Anda segera hubungi pemilik rumah. Jika tidak menghubungi, kerusakan akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Anda pun akan diminta pertanggung jawaban atau ganti rugi atas kerusakan tersebut.

Mencari rumah yang cocok untuk disewa memang mudah-mudah susah dan perlu persiapan. Tetapi, jika Anda mengikuti tahapan sewa hunian yang tepat diharapkan bisa mempermudah prosesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.