Mau Uji Emisi Kendaraan Anda? Segini Biayanya

Saat ini, bengkel uji emisi tersebar sebanyak 38 di Jakarta Utara, 42 di Jakarta Barat, 20 di Jakarta Pusat, 41 di Jakarta Timur, dan 66 di Jakarta Selatan.

Rahmad Fauzan

3 Nov 2021 - 15.31
A-
A+
Mau Uji Emisi Kendaraan Anda? Segini Biayanya

Mekanik Auto2000 Sedang Melakukan Uji Emisi Kendaraan. /Auto2000

Bisnis, JAKARTA    Mulai 13 November 2021, kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalan-jalan di Ibu Kota sudah harus menjalani uji emisi sebelumnya dan dinyatakan lulus. Jika tidak, siap-siap sanksi tilang mengintai Anda. 

Sanksinya berupa denda dengan perincian untuk mobil Rp500.000 dan sepeda motor Rp250.000.

Untuk keperluan uji emisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan sejumlah tempat pengujian di lima kota administrasi Jakarta.

Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan bahwa tarif layanan uji emisi kendaraan bermotor ditetapkan di kisaran Rp150.000 untuk mobil dan Rp50.000 untuk motor.

"Namun, itu rata-rata ya. Nanti bisa dicek di masing-masing bengkel. Harganya variatif tergantung bengkel. Kami tidak menetapkan standar khusus," ujar Yogi ketika dihubungi, Rabu (3/11/2021).

Saat ini, terdapat 207 bengkel di lima kota administrasi. Bengkel-bengkel yang menyediakan layanan uji emisi sudah tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara.

 

Secara lebih terperinci, bengkel uji emisi tersebar sebanyak 38 di Jakarta Utara, 42 di Jakarta Barat, 20 di Jakarta Pusat, 41 di Jakarta Timur, dan 66 di Jakarta Selatan.

Sementara itu, bengkel belum tersedia untuk daerah Kepulauan Seribu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa regulasi berupa peraturan gubernur terkait dengan pengaturan emisi kendaraan bermotor akan dikeluarkan oleh Pemprov DKI.

"Kami akan berikan sanksi. Nanti akan dikeluarkan Pergub terkait dengan uji emisi. Diminta semua kendaraan yang belum melakukan uji emisi untuk segera melaksanakan uji emisi," kata Riza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.