Mayasari Bakti : Bus Listrik Lebih Efisien, Tapi Banyak Tantangan

PT Mayasari Bakti Utama, operator bus di Jabodetabek, memastikan biaya operasional bus listrik jauh lebih efisien dibandingkan dengan jenis armada lainnya. Namun, beberapa hal masih menjadi tantangan.

Redaksi

23 Feb 2024 - 22.12
A-
A+
Mayasari Bakti : Bus Listrik Lebih Efisien, Tapi Banyak Tantangan

Armada bus listrik Transjakarta. - Foto Transjakarta

Bisnis, JAKARTA - PT Mayasari Bakti Utama, operator bus di Jabodetabek, memastikan biaya operasional bus listrik jauh lebih efisien dibandingkan dengan jenis armada lainnya. Namun, beberapa hal masih menjadi tantangan. 

Direktur PT Mayasari Bakti Utama Andi Oetario Putro mengatakan, perusahaannya telah berdiri sejak 1964 dan menjadi salah satu operator utama di jalur busway Transjakarta sejak 2006. 

“Kami sekarang beroperasi bekerja sama dengan TransJakarta. Di busway, terdapat 52 bus listrik, dan sebanyak 389 bus non-listrik,” ujar Andi Oetario ketika berbicara pada Busworld SEA 2024 Webinar bertajuk Indonesia Electric Bus: Challenges & Implementation, Selasa (20/2/2024).

Bagi Mayasari Bakti Utama, katanya, adopsi bus listrik merupakan bagian dari strategi dan program belajar mengadopsi e-bus. Ia mengatakan Mayasari Bakti telah menetapkan peta jalan adopsi 10.000 bus listrik dalam 6 tahun mendatang.

Ia menjelaskan, perusahaan mulai mengadopsi bus listrik pada 2022 sebanyak 30 unit merek BYD, dan pada Juni 2023 bertambah sebanyak 22 unit sehingga totalnya menjadi 52 unit. Semua unit armada bus listrik tersebut bermerek BYD.

Dalam kontraknya dengan TransJakarta, Mayasari Bakti memiliki target operasional dengan total jarak tempuh 71.543 km, dan 196 km per bus per hari. Secara data aktual, operasional per hari sekitar 194 km per bus atau lebih dari 99% dari target pengoperasian. 

Menurutnya, konsumsi energi bus listrik tersebut sekitar 0,91 km per KWh atau 1,99 KWh per kilometer. Dengan demikian, biaya operasional bus listrik Mayasari Bakti adalah Rp180.000 bus per hari.

Dibandingkan dengan biaya operasional unit bus lainnya, bus listrik jauh lebih murah. Andi mengatakan, Mayasari juga mengoperasi 333 bus bermesin diesel, dan 46 unit bus bermesin CNG (compressed natural gas).

Bus diesel Mayasari terdiri atas tipe Maxi dan Single Bus. Dengan jarak tempuh operasi 220 kilometer per hari, biaya rata-rata setiap bus diesel mencapai 750.000 hingga Rp850.000 per hari.

Adapun unit bus CNG, termasuk tipe bus gandeng, memiliki rata-rata operasinal 222 km per hari dengan biaya mencapai Rp1,2 juta rupiah.


TANTANGAN

Meski biaya energi bus listrik lebih murah, Andi Oetario mengatakan perusahaannya menghadapi sejumlah tantangan, seperti risiko rusak dan kecelakaan, penguasaan teknologi, manajemen kilometer kosong, dan kebutuhan investasi besar dalam adopsi e-bus. 

Di samping harga bus listrik yang mahal, Mayasari Bakti juga harus membangun infrastruktur pendukung berupa stasiun pengisian daya listrik armadanya itu. 

“Kami memiliki 15 unit stasiun pengisian dengan kapasitas pengisian per unit dikalikan dengan 100 kilowatt per unit. Kami juga memiliki kapasitas listrik lebih dari 4 megawatt, dan kapasitas baterai bus BYD dengan K9 lantai rendah yaitu 324 kWh,” ujar Andi

Tantangan lainnya adalah menyangkut dukungan finansial. Tantangan terbesar yang hadapi adalah mencapai pencapaian jarak tempuh sesuai dengan kontrak. 

Untuk meminimalkan risiko, Mayasari membuat kontrak kerja sama dengan dealer atau agen pemegang merek (APM) untuk perawatan dan menjamin ketersediaan suku cadang. 

Menurut Andi, berdasarkan pengalaman lebih dari 1 tahun mengoperasikan e-bus, kondisi kesehatan baterai masih 100%.

Andi meyakini, dengan memperhitungkan keuangan, regulasi, dan pengembangan teknologi dalam menghadapi tantangan tersebut, kerjasama dan konsistensi merupakan kunci kesuksesan bagi masa depan yang lebih baik. (Nanda Silvia Okti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.