Megaproyek IKN Nusantara, Semoga Cermat & Tak Tergesa-gesa

IKN Nusantara mendekati kenyataan sebagai pusat pemerintah Repubolik Indonesia yang baru. Namun, ada yang menilai pemindahan ibu kota itu tergesa-gesa. Bagaimana sebaiknya pertimbangan dalam proses pemindahan ibu kota?

M. Syahran W. Lubis

27 Apr 2022 - 21.55
A-
A+
Megaproyek IKN Nusantara, Semoga Cermat & Tak Tergesa-gesa

Presiden Joko Widodo, penggagas IKN Nusantara.—Antara

Bisnis, JAKARTA – Ada megaproyek luar biasa bernama IKN Nusantara yang akan digarap hingga 2045. Lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru itu berada di Kalimantan Timur.

Proses perencanaan IKN Nusantara boleh dikatakan luar biasa sejak pertama kali pada 2019 Presiden Joko Widodo ingin memindahkan ibu kota dari Jakarta, yang sudah jenuh dan sarat dengan berbagai beban yang mengakibatkan berbagai jenis polusi, kemacetan, dan banjir.

Undang-Undang IKN disahkan oleh DPR pada awal tahun ini, mengikuti perkembangan yang terlebih dahulu dilakukan oleh pemerintah.

Akan tetapi, terlepas dari bagaimana perkembangan perealisasian IKN Nusantara, ada baiknya kita cermati sejumlah masukan mengenai proses pemindahan ibu kota seperti yang disampaikan oleh Deden Rukmana, Asisten Profesor dan Koordinator Program Studi Perencanaan dan Studi Perkotaan di Savannah State University, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Megaproyek IKN Nusantara, Semoga Cermat & Tak Tergesa-gesa

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.