Melawan Dominasi Global: RI di Depan 'Perang' Moratorium Bea Masuk Digital di WTO

Indonesia sebagaimana negara berkembang lain menginginkan moratorium bea masuk barang digital dicabut WTO. Keinginan ini mesti berhadapan dengan kepentingan negara maju yang ingin membuatnya permanen.

Redaksi

27 Feb 2024 - 15.20
A-
A+
Melawan Dominasi Global: RI di Depan 'Perang' Moratorium Bea Masuk Digital di WTO

Ilustrasi aset digital./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Peluang pemerintah untuk memenangkan 'perang' soal moratorium bea masuk barang digital di World Trade Organization (WTO) memang terbilang sangat kecil.

Akan tetapi, kuda-kuda patut disiapkan dalam rangka menunjukkan kepada komunitas dunia tentang keseriusan Indonesia untuk mengamankan hak dan kedaulatan perpajakan.

Sekadar mengingatkan, pada 13 Maret 2024 WTO akan menggelar pertemuan yang membahas tentang masa depan moratorium bea masuk produk digital terutama untuk barang dan jasa tidak berwujud.

Artinya dalam hitungan hari, akan diputuskan apakah moratorium yang berlaku sejak 1998 itu dihentikan, diperpanjang, atau bahkan dipermanenkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.