Melesatnya Korporasi Butuh Keringanan Pajak

Setidaknya, sebanyak 2.541 perusahaan mengajukan keringanan angsuran PPh Badan karena lesunya aktivitas bisnis, mayoritas korporasi itu adalah sektor komoditas yang tertekan akibat turunnya harga di pasar global pada tahun ini.

Tegar Arief Fadly

28 Agt 2023 - 17.09
A-
A+
Melesatnya Korporasi Butuh Keringanan Pajak

Ilustrasi pajak./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Setidaknya, sebanyak 2.541 perusahaan mengajukan keringanan angsuran PPh Badan karena lesunya aktivitas bisnis, mayoritas korporasi itu adalah sektor komoditas yang tertekan akibat turunnya harga di pasar global pada tahun ini. 

Berdasarkan catatan Bisnis, perusahaan-perusahaan tersebut mencatatkan PPh yang akan terutang kurang dari 75 persen yang dihitung selama 3 bulan atau lebih berjalannya tahun pajak, sehingga secara legal berhak untuk mendapatkan diskon angsuran pajak korporasi.

Hal ini membuat pekerjaan rumah pemerintah bertambah lagi untuk mengamankan penerimaan negara melalui setoran pajak. Sebagaimana diprediksi sebelumnya, sektor komoditas yang belakangan lesu akibat penurunan harga, membuat pelaku usaha kelimpungan, dan bahkan sebagian di antaranya memohon keringanan pajak.

Sektor komoditas dalam dua tahun terakhir memang menjadi lini bisnis yang memberikan sumbangsih besar terhadap penerimaan pajak. Maklum, harga sederet komoditas sumber daya alam (SDA) seperti minyak, gas, dan batu bara tinggi menjulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Melesatnya Korporasi Butuh Keringanan Pajak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.