Melihat Alasan di Balik Penetapan Kawasan BSD dan PIK 2 sebagai PSN

Proses penetapan kawasan BSD Dan PIK 2 disebut melalui hasil kajian yang lengkap dan merupakan usulan dari pihak swasta.

Redaksi

2 Apr 2024 - 16.15
A-
A+
Melihat Alasan di Balik Penetapan Kawasan BSD dan PIK 2 sebagai PSN

BSD City. /dok Sinar Mas Land

Bisnis, JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir, keputusan Presiden Joko Widodo untuk memasukkan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi pembicaraan hangat. Jokowi menetapkan 14 PSN baru termasuk BSD dan PIK 2 akan mulai dibangun pada tahun ini.

Ditetapkan sejumlah proyek tersebut menjadi PSN ini memiliki keuntungan dalam proses pembangunannya. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Kemudahan Proyek Strategis Nasional dijelaskan keuntungan yang bisa didapat jika sebuah proyek ditetapkan menjadi PSN.

Kemudahan tersebut berupa perizinan/non perizinan yang diberikan dalam rangka percepatan proses perencanaan, penyiapan, transaksi, konstruksi, dan kelancaran pengendalian operasi, termasuk mekanisme pembiayaan untuk PSN.

Penetapan PSN BSD dan PIK 2 ini dianggap sejumlah kalangan sebagai balas budi Jokowi karena telah membangun proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Melihat Alasan di Balik Penetapan Kawasan BSD dan PIK 2 sebagai PSN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.