Free

Melihat Daya Dukung Industri Telko bagi Pertumbuhan Startup

Startup di Indonesia yang merebak massif telah membuat kompetisi semakin ketat dan menuntut mereka jeli melihat peluang inovasi agar mampu bertahan. Dukungan ekosistem digital berperan krusial.

Fatkhul Maskur

28 Nov 2022 - 14.00
A-
A+
Melihat Daya Dukung Industri Telko bagi Pertumbuhan Startup

Portfolio Management Indico Amelia Riana Dewi berbicara mengenai peran ekosistem digital dalam mendukung keberlangsungan startup dalam sesi IdeaTalks di Ideafest 2022 di Jakarta Convention Center (26/11/2022). Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, Indico optimistis bahwa ekosistem yang dimiliki Indico dapat menciptakan value yang signifikan bagi startup. - Foto Indico

Bisnis, JAKARTA - Startup di Indonesia yang merebak massif telah membuat kompetisi semakin ketat dan menuntut mereka jeli melihat peluang inovasi agar mampu bertahan. Dukungan ekosistem digital berperan krusial.

Indonesia masih menjadi magnet kuat bagi perkembangan startup. Bahkan, Indonesia telah menduduki peringkat 6 terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 2.444 startup.

Akan tetapi, perkembangan jumlah startup di Indonesia yang massif telah membuat kompetisi di industri ini semakin ketat, dan menuntut perusahaan rintisan untuk semakin jeli melihat peluang inovasi agar mampu bertahan.

Dalam iklim kompetisi, dukungan ekosistem digital yang tepat memiliki peran krusial untuk menstimulasi startup agar terus bertumbuh. Salah satu industri yang dinilai dapat memberikan dukungan ekosistem digital yang mumpuni bagi startup adalah telekomunikasi, yang telah menjadi backbone bagi sektor digital di suatu negara. 

Di Indonesia, industri telekomunikasi memiliki peran krusial di berbagai sektor, terlebih mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. 

Selain itu, sebagai industri yang sudah matang dan beroperasi selama puluhan tahun, industri telekomunikasi menyimpan aset dan kapabilitas yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai enabler terhadap keberlangsungan bisnis digital saat ini. 

Sebagai anak perusahaan Telkomsel yang fokus dalam pengembangan ekosistem digital, Indico menilai dukungan ekosistem digital dari industri telekomunikasi akan mampu mendorong bisnis startup saat ini.

“Kondisi yang menantang pada saat ini semakin menuntut startup untuk dapat segera membuktikan bahwa bisnis mereka tengah menuju profitabilitas. Oleh karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial," kata CEO Indico Andi Kristianto dalam siaran pers, Minggu (27/11/2022).

Ia menilai bahwa kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat memberikan dukungan ekosistem digital yang tepat dan membantu mereka dalam menavigasi bisnis.

Sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, Telkomsel yang telah berinovasi dalam 27 tahun terakhir dinilai memiliki aset dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup.


Lantas, bagaimana aset dan kapabilitas industri telekomunikasi bisa mendorong terbentuknya ekosistem digital yang tepat untuk mengembangkan bisnis startup?

Pertama, cakupan jaringan koneksi terluas di Indonesia

Era digital telah membuat konektivitas menjadi sebuah keharusan untuk mendukung eksistensi dunia bisnis. Terlebih, konektivitas digital di Indonesia menjadi sebuah solusi yang dapat menjembatani berbagai wilayah kepulauan ini.

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar, Telkomsel sendiri telah menggelar jaringan terluas di Indonesia, dengan lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar telah didukung teknologi broadband terkini, 4G dan 5G.

Dukungan ekosistem digital berupa jaringan koneksi terluas ini akan membantu startup untuk mengembangkan layanan berbasis digitalnya, karena infrastruktur digital yang sudah tersedia dengan jaringan koneksi yang stabil dan luas di berbagai wilayah, bahkan daerah terpencil sekalipun.

Kedua, basis pengguna terbesar yang tersebar di berbagai wilayah 

Salah satu tantangan bagi startup terutama di fase early-stage adalah akuisisi pengguna. Industri telekomunikasi adalah salah satu industri yang mampu memiliki jumlah pengguna terbesar di sebuah negara.

Telkomsel pun telah memiliki lebih dari 170 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 514 kota/kabupaten di Indonesia. Dukungan ekosistem berupa basis pengguna ini dapat menjadi starting market yang luar biasa besar bagi startup dalam melakukan penetrasi pasar. 

Ketiga, pemahaman karakteristik pasar secara granular

Kemampuan startup dalam menemukan ceruk pasar menjadi tantangan serius yang terus menjadi sorotan, pasalnya tidak sedikit startup yang tidak mampu berkembang bahkan terpaksa gulung tikar karena tidak berhasil menganalisa kebutuhan pasar.

Dalam hal ini, kematangan industri telekomunikasi yang telah beroperasi selama puluhan tahun, dengan cakupan jaringan terbesar dan basis pengguna terbanyak, memungkinkan terciptanya pemahaman karakteristik pasar secara granular.

Hal ini tentu akan membantu startup dalam memahami kebutuhan pasar secara nyata dan dapat membantu startup dalam menciptakan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara tepat dan efisien. 

“Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, kami optimis bahwa ekosistem yang dimiliki Indico dapat menciptakan value yang signifikan bagi startup yang menjadi portofolio Indico dalam menghadapi tantangan serta mampu membantu mereka dalam menghadirkan inovasi,” kata Andi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.