Melipatgandakan Kontribusi Ekonomi dari Samudera

Terbangunnya konektivitas menjadi kunci untuk menciptakan distribusi arus barang ke berbagai wilayah.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Stefanus Arief Setiaji

20 Mei 2024 - 07.43
A-
A+
Melipatgandakan Kontribusi Ekonomi dari Samudera

Tol Laut

Bisnis, JAKARTA – Keinginan negara untuk menjadikan samudera, laut, selat, dan teluk sebagai masa depan peradaban Indonesia pernah dilontarkan Presiden Joko Widodo diawal-awal memimpin republik ini pada 2014. Impian yang seakan menyadarkan besarnya potensi ekonomi kelautan kita.

Hanya saja, dalam perjalanan 10 tahun memimpin bangsa, misi Presiden Jokowi itu tak mudah. Keinginan membangun konektivitas laut, tersendat dengan belum mapannya infrastruktur pendukung, terutama di wilayah luar Jawa.

Mau tak mau, pemerintah mesti mengongkosi pembangunan infrastruktur mulai dari jalan hingga pelabuhan. Terbangunnya konektivitas menjadi kunci untuk menciptakan distribusi arus barang ke berbagai wilayah.

Rupanya tak cukup dari sisi infrastruktur. Kendala dalam menata pergerakan barang dan jasa atau logistik, terbentur oleh birokrasi. Banyak kementerian dan lembaga yang memiiki peran dalam mengatur dan mengawasi pergerakan barang dan jasa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.