Melirik Prospek Gerai Ritel Stand Alone Menjamur di Permukiman

Beberapa tahun terakhir, gerai ritel stand alone marak berdiri di sekitar permukiman maupun kawasan pendidikan. Tren gerai stand alone atau tidak berada di dalam pusat perbelanjaan dan mal ini semakin marak seusai pandemi. Gerai ritel stand alone ini memudahkan masyarakat mengakses ritel tersebut.

Yanita Petriella

14 Mar 2023 - 19.15
A-
A+
Melirik Prospek Gerai Ritel Stand Alone Menjamur di Permukiman

Salah satu gerai ritel stand alone MCD. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Beberapa tahun terakhir, gerai ritel stand alone marak berdiri di sekitar permukiman maupun kawasan pendidikan. Tren gerai stand alone atau tidak berada di dalam pusat perbelanjaan dan mal ini semakin marak seusai pandemi. Gerai ritel stand alone ini memudahkan masyarakat mengakses ritel tersebut tanpa harus terlebih dahulu masuk ke dalam pusat perbelanjaan.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat berpendapat area sekitar Jakarta saat ini menjadi kantong permukiman baru, yang bahkan tumbuh lebih subur di era pandemi. Peritel, terutama di sektor makanan dan minuman dan juga Fast Moving Consumer Good (FMCG) tentu berupaya mendekati pusat permukiman sebagai konsumennya. 

Hal ini berdampak di masa pandemi dimana pembatasan interaksi diberlakukan termasuk dalam operasional mal menjadikan peritel berupaya mencari lokasi yang tidak berdampak langsung dengan pembatasan interaksi diantaranya dengan membuka stand alone retail. Konsep di atas lebih marak di outskirt area dibandingkan dengan wilayah Jakarta. Hal ini mengingat pangsa pasar potensial di luar Jakarta, terkait kantong permukiman.

“Sebut saja salah satu peritel bidang makanan dan minuman dari brand international yang bahkan membuka setidaknya 40 gerai baru (stand alone retail) justru di tengah pandemi. Termasuk juga peritel lokal yang melakukan hal serupa, dengan membuka 25 gerai baru di tengah pandemi,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (14/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Melirik Prospek Gerai Ritel Stand Alone Menjamur di Permukiman

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.