Memacu Ekosistem Industri Semikonduktor

Pandemi Covid-19 telah memberi pengalaman berharga : kelangkaan semikonduktor. Oleh karena itu, Indonesia perlu mempercepat pembangunan ekosistem industri semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang semakin melonjak.

Fatkhul Maskur

10 Des 2022 - 14.30
A-
A+
Memacu Ekosistem Industri Semikonduktor

Silikon menjadi material building block bagi industri semikonduktor. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah memberi pengalaman berharga : kelangkaan semikonduktor. Oleh karena itu, Indonesia perlu mempercepat pembangunan ekosistem industri semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang semakin melonjak. 

Pembangunan ekosistem industri semikonduktor ini sejalan dengan target Making Indonesia 4.0. dan langkah strategis tersebut tentu akan menopang peningkatan produktivitas dan daya saing sejumlah sektor industri manufaktur yang membutuhkan semikonduktor sebagai komponen utamanya. 

"Oleh karena itu, kami kerahkan kemampuan bangsa dari ahli elektronik hingga mikroelektronik,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Taufiek mengungkapkan, Indonesia pernah memiliki pabrik semikonduktor pada 1986 silam. Bahkan, mampu ekspor dalam bentuk chip semikonduktor yang nilainya mencapai Rp135 juta pada masa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memacu Ekosistem Industri Semikonduktor

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.